Pengaruh Proses Carburizing Dengan Variasi Arang Terhadap Sifat Fisik Dan Mekanik Dari Bearing Aftermarket Sepeda Motor
Abstract
Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mingkatkan sifat mekanik material
bearing aftermarket setelah dilakukan proses carburazing dengan menggunakan
variasi arang dan membandingkan dengan bearing pabrikan . Pada penelitian ini
menggunakan proses carburazing padat. Proses carburazing ini menggunakan 3
variasi arang yaitu : arang akasia, arang kelapa, arang sonokeling dan katalis
barium karbonat (BaCo3) dengan komposisi 90% arang dan 10% katalis.
Temperatur pada proses carburazing ini yaitu 900°C dengan waktu penahanan 3
jam setelah itu dilakukan proses quenching dengan menggunakan media air.
Pengujian yang dilakukan adalah pengujian komposisi kimia, kekerasan vickers,
keausan, struktur mikro dan laju korosi. Hasil pengujian kekerasan pada bearing
aftermarket sebesar 709,48 VHN sedangkan pada bearing pabrikan 748,55 VHN.
Nilai kekerasan pada bearing dengan perlakuan carburazing dengan menggunakan
arang mengalami peningkatan. Peningkatan tertinggi yaitu pada arang akasia
sebesar 1105,35 VHN. Untuk pengujian keausan pada bearing tanpa perlakuan
sebesar 0,000202 mm
/kg.m sedangkan pada bearing pabrikan 0,000156
mm
3
3
/kg.m. ketahanan aus mengingkat setelah bearing dilakukan proses
carburazing dengan menggunakan variasi arang. Variasi arang yang paling tahan
aus yaitu pada arang akasia sebesar 0,000018 mm
/kg.m. Hasil pengujian korosi
pada bearing tanpa perlakuan dan bearing dengan perlakuan carburazing dengan
variasi arang didapat hasil excellent. Hasil pengujian struktur mikro pada bearing
yang dilakukan carburazing dengan menggunakan variasi arang bagian tepi
terdapat pearlite dan martensite dan austenit sisa untuk bagian tengah terdapat
peralite dan ferrite.
Collections
- Mechanical Engineering [559]