Show simple item record

dc.contributor.advisorSupriyanto Abdi, S.Ag, MCAA
dc.contributor.authorSANDI KURNIAWAN
dc.date.accessioned2022-02-22T05:55:43Z
dc.date.available2022-02-22T05:55:43Z
dc.date.issued2021-09-27
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/36225
dc.description.abstractNilai-nilai keislaman dan kebangsaan semakin hari makin terkikis bahkan telah mengalami krisis. Hal itu disebabkan karena minimnya keteladanan dan kualitas pendidikan yang kurang baik. Salah satu upaya untuk menanggulangi krisis kedua nilai tersebut yaitu dengan menanamkannya kembali lewat jalur pendidikan terutama pendidikan pesantren. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) konsep integrasi nilai-nilai keislaman dan kebangsaan dalam model pendidikan di Pondok Pesantren UII. (2) Strategi implementasi model pendidikan berbasis integrasi nilai-nilai keislaman dan kebangsaan di Pondok Pesantren UII. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) dalam bentuk studi kasus. Adapun lokasi penelitian ini adalah di Pondok Pesantren Universitas Islam Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep integrasi nilai keislaman dan kebangsaan di Pondok Pesantren UII: pertama, Pesantren UII memiliki ciri khas dalam pengembangan pola pikir akademik dan penanaman jiwa kepemimpinan kepada para santrinya. Kedua, konsep integrasi nilai-nilai keislaman dan kebangsaan di Pesantren UII memiliki kesamaan dengan yang diupayakan UII yaitu mencakup dua aspek integrasi yaitu integrasi nilai-nilai keislaman dan kebangsaan serta integrasi keilmuan. Ketiga, kompetensi dan peran santri/alumni Pesantren UII mereka diarahkan untuk dapat menjadi pemimpin umat dan pemimpin bangsa serta mampu menghubungkan antara epistemologi bayani (teks), burhani (rasio), dan irfani (intuisi). Sedangkan mengenai strategi implementasi model pendidikan berbasis integrasi nilai-nilai keislaman dan kebangsaan di Pondok Pesantren UII diperoleh hasil sebagai berikut; pertama, kurikulum atau sistem pendidikan yang diterapkan di Pondok Pesantren UII adalah sistem SKS (Satuan Kredit Semester). Kedua, strategi dan pendekatan pembelajaran dalam menanamkan nilai keislaman dan kebangsaan kepada para santri pesantren yaitu dengan pembelajaran yang berbasis pada keikhlasan, metode keteladanan, pemberian motivasi, dan penanaman nilainilai etis di setiap mata kuliah. Ketiga, program pengembangan akademik dan pelatihan kepemimpinan santri sudah mulai ditanamkan sejak awal masuk pesantren yaitu pada kegiatan pekan ta’aruf santri. Keempat, kegiatan ekstrakurikuler yang diarahkan pada integrasi nilai-nilai keislaman dan kebangsaan di Pesantren UII di antaranya untuk penanaman nilai keislaman yaitu program hafalan Alquran, hafalan Hadits Arba'in, kajian metodologi keilmuan Islam klasik dan modern, mata kuliah keislaman, kultum, kegiatan membaca surat yasin bersama dan sharing session. Sedangkan penguatan wawasan kebangsaan terdapat pada program Focus group discussion (diskusi kelompok), Muslim youth competition, peringatan hari santri nasional, seminar/webinar, jurnal Abhast, pelatihan kepemimpinan, serta pada mata kuliah Fiqh Siyasah dan Studi Islam Indonesia.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectNilai Keislamanen_US
dc.subjectKebangsaanen_US
dc.subjectPendidikan Pesantrenen_US
dc.titleIntegrasi Nilai-Nilai Keislaman Dan Kebangsaan Dalam Pendidikan Pesantren (Studi Kasus Pondok Pesantren Universitas Islam Indonesia)en_US
dc.Identifier.NIM17422116


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record