Peran Efikasi Diri Terhadap Stres Akademik Pada Mahasiswa Yang Sedang Menjalani Pembelajaran Daring Minimal Satu Semester Di Masa Pandemi Covid-19
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara efikasi diri dengan stres
akademik pada mahasiswa yang sedang menjalani pembelajaran daring minimal satu
semester di masa pandemi Covid-19. Responden dalam penelitian ini yaitu mahasiswa
yang berjumlah 125 orang yang berjenis kelamin laki-laki maupun perempuan dan sedang
menjalani pembelajaran daring minimal satu semester. Teknik pengumpulan data
menggunakan kuesioner melalui google form. Penelitian ini menggunakan teknik analisis
korelasi dan regresi linier sederhana untuk mengetahui hubungan serta pengaruh antara
efikasi diri dengan stres akademik. Hipotesis dalam penelitian ini ialah terdapat hubungan
negatif dan signifikan antara efikasi diri dengan stres akademik pada mahasiswa yang
sedang menjalani pembelajaran daring minimal satu semester di masa pandemi Covid-19.
Skala yang digunakan diantaranya adalah skala efikasi diri yang dimodifikasi berdasarkan
skala General Self Efficacy Scale (GSE) serta skala stres akademik yang dimodifikasi dari
skala Educational Stress Scale for Adolescents (ESSA). Hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa terdapat hubungan negatif yang signifikan antara efikasi diri dengan stres akademik
pada mahasiswa yang sedang menjalani pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19.
Selain itu juga didapatkan hasil bahwa efikasi diri mampu memprediksi stres akademik
pada mahasiswa sebesar 21,7%. Stres akademik perempuan lebih tinggi dari pada laki-laki.
Hasil analisis tambahan menunjukkan tidak ada perbedaan kondisi stres akademik
mahasiswa berdasarkan angkatan, asal daerah, serta konekssi internet.
Collections
- Psychology [2174]