Show simple item record

dc.contributor.advisorNanum Sofia, S.Psi., S.Ant., M.A.
dc.contributor.authorISNUN PAULINA
dc.date.accessioned2022-02-15T06:28:39Z
dc.date.available2022-02-15T06:28:39Z
dc.date.issued2021-09-21
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/36174
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara efikasi diri dengan stres akademik pada mahasiswa yang sedang menjalani pembelajaran daring minimal satu semester di masa pandemi Covid-19. Responden dalam penelitian ini yaitu mahasiswa yang berjumlah 125 orang yang berjenis kelamin laki-laki maupun perempuan dan sedang menjalani pembelajaran daring minimal satu semester. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner melalui google form. Penelitian ini menggunakan teknik analisis korelasi dan regresi linier sederhana untuk mengetahui hubungan serta pengaruh antara efikasi diri dengan stres akademik. Hipotesis dalam penelitian ini ialah terdapat hubungan negatif dan signifikan antara efikasi diri dengan stres akademik pada mahasiswa yang sedang menjalani pembelajaran daring minimal satu semester di masa pandemi Covid-19. Skala yang digunakan diantaranya adalah skala efikasi diri yang dimodifikasi berdasarkan skala General Self Efficacy Scale (GSE) serta skala stres akademik yang dimodifikasi dari skala Educational Stress Scale for Adolescents (ESSA). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif yang signifikan antara efikasi diri dengan stres akademik pada mahasiswa yang sedang menjalani pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19. Selain itu juga didapatkan hasil bahwa efikasi diri mampu memprediksi stres akademik pada mahasiswa sebesar 21,7%. Stres akademik perempuan lebih tinggi dari pada laki-laki. Hasil analisis tambahan menunjukkan tidak ada perbedaan kondisi stres akademik mahasiswa berdasarkan angkatan, asal daerah, serta konekssi internet.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectEfikasi dirien_US
dc.subjectStres Akademiken_US
dc.subjectMahasiswaen_US
dc.subjectPembelajaran Daringen_US
dc.subjectPandemi Covid-19en_US
dc.titlePeran Efikasi Diri Terhadap Stres Akademik Pada Mahasiswa Yang Sedang Menjalani Pembelajaran Daring Minimal Satu Semester Di Masa Pandemi Covid-19en_US
dc.Identifier.NIM17320275


Files in this item

FilesSizeFormatView

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record