Rancangan Metode Pembelajaran Daring Menggunakan Metode Cognitive Failure Questionnaire (Cfq) Dan Pendekatan Ergonomi Partisipatori (Studi Kasus: Program Studi Teknik Industri Universitas Islam Indonesia)
Abstract
Perubahan metode pembelajaran yang disebabkan oleh pandemi Covid-19 dimana
perguruan tinggi yang awalnya melakukan proses belajar mengajar secara tatap muka
berubah menjadi secara Dalam Jaringan (Daring). Dengan adanya perubahan metode
pembelajaran membuat proses belajar mengajar menjadi tidak efektif terutama bagi
mahasiswa. Penelitian ini akan mengukur tingkat kegagalan kognitif mahasiswa ketika
mengikuti pembelajaran Daring yang tujuannya untuk merancang metode pembelajaran
Daring yang sesuai dengan kebutuhan ketika proses pembelajaran, metode yang
digunakan adalah Cognitive Failure Questionnaire (CFQ) untuk mengukur tingkat
kegagalan kognitif mahasiswa dan ergonomi partisipatori untuk merancang metode
pembelajaran Daring sesuai dengan kaidah ergonomi. Didapatkan bahwa tingkat
kegagalan kognitif yang terjadi masuk kedalam kategori sedang dan tinggi dengan
faktor penyebabnya yaitu terdapat tiga variabel yang masing-masing terdapat salah satu
faktor yang menyebabkan tingginya tingkat kegagalan kognitif yaitu, faktor Long-term
memory, faktor internal dan faktor keraguan.
Collections
- Industrial Engineering [2227]