Show simple item record

dc.contributor.advisorRaden Narayana Mahendra P, S.Sos, M.A
dc.contributor.advisorRaden Narayana Mahendra P, S.Sos, M.A
dc.contributor.authorMOHAMMED RIFKY PRATAMA
dc.date.accessioned2022-02-02T06:43:25Z
dc.date.available2022-02-02T06:43:25Z
dc.date.issued2021-07-23
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/36110
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana Iklan Nivea Men Extra White Foam - Berubah Extra Cerah 2019 Dan Iklan Pond’s Men Pore Vacuum 2020 merepresentasikan konsep konsep maskulinitas melalui analisis tanda tanda yang ada. Kajian mengenai maskulinitas selalu berkembang seiring dengan berkembangnya maskulinitas itu sendiri, dan keberadaan produk produk dengan label “men” merupakan sebuah tanda dari keberadaan bias gender dalam iklan yang menggambarkan bahwa produk dalam tersebut diprosuksi untuk dikonsumsi pria. Selain itu pergeseran nilai fungsi pada iklan dari sebuah media promosi menjadi sebuah media penyampaian tanda untuk konstruksi makna tertentu juga menjadi urgensi tersendiri terkait pentingnya menganalisis isi pesan yang terkandung pada sebuah iklan. Penelitian ini menggunakan metode semiotika Roland Barthes dimana memiliki tiga bagian yaitu denotasi, konotasi, dan mitos. Hasil analisis iklan Nivea Men Extra White Foam menunjukan bahwa maskulinitas seorang pria dapat dinilai dari penampilan, keberanian dalam mengambil resiko, bagaimana kehidupan yang dibangun seorang pria, dan perhatian terhadap penampilan. Hasil analisis Iklan Pond’s Men Pore Vacuum menunjukan bahwa maskulinitas seorang pria dinilai dari penampilan, sifat percaya diri, berani mengambil resiko, perhatian terhadap penampilan, serta tanda pendukung lain seperti keberadaan wanita pada dunia kerja.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectMaskulinitasen_US
dc.subjectIklanen_US
dc.subjectSemiotikaen_US
dc.subjectRoland Barthesen_US
dc.subjectRepresentasien_US
dc.titleMaskulinitas Pada Iklan Nivea Men Extra White Foam - Berubah Extra Cerah (2019) Dan Iklan Pond’s Men Pore Vacuum (2020) (Analisis Semiotika Roland Barthes)en_US
dc.Identifier.NIM17321075


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record