Gim Pembelajaran Berbahasa Jepang
Abstract
Pada penelitian ini, peneliti membangun sebuah gim berbasis Android yang dapat
membantu user dalam mempelajari cara membaca dan menulis huruf hiragana Jepang dan juga
memberikan konten game yang dapat membantu user dalam mengasah daya ingat tentang
ungkapan-ungkapan bahasa Jepang yang telah dipelajari. Metode yang digunakan oleh peneliti
untuk merealisasikan ide kreatif dalam membangun gim berbasis Android adalah design
thinking (pemikiran desain). Pemikiran desain merupakan metode pendekatan pada peroses
desain yang menawarkan solusi dalam memecahkan sebuah masalah.
Dalam penelitian gim pembelajaran berbahasa Jepang, peneliti juga menggunakan metode
wawancara dan observasi untuk meningkatkan hasil yang ingin dicapai yaitu gim pembelajaran
berbahasa Jepang ini dapat dikategorikan layak dalam berbagai aspek. Hasil dari implementasi
gim pembelajaran berbahasa Jepang mendapatkan kategori layak dalam berbagai aspek
terbukti dari hasil yang didapatkan dari proses pengujian dengan metode black box testing dan
user testing tidak adanya kesalahan ataupun kesulitan dalam peroses pemakaian gim ini selama
proses pengujian. Kesimpulan dari gim pembelajaran berbahasa Jepang dapat dijadikan sebagai
sebuah media pembelajaran untuk pengguna yang ingin belajar membaca dan menulis serta
mengasah kemampuan.
Collections
- Informatics Engineering [2170]