Determinan Penggunaan Media Sosial Dan Dampaknya Bagi Bisnis UMKM Di Provinsi Banten
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui determinan Adopsi Media Sosial
terhadap UMKM dan manfaat yang didapatkan oleh penggunanya. Penelitian
berdasar pada UMKM menggunakan variabel persepsi kegunaan, persepsi
kemudahan yang dirasakan, kompatibilitas, efektivitas biya, faktor kondisi yang
memfasilitasi yang akhir-akhir ini dianggap sebagai alasan yang logis untuk
menggunakan Media Sosial. Alasan yang logis tersebut diyakini membuat
efektifitas usaha, peningkatan kinerja, layanan, efisiensi dan meningkatkan
kreativitas karyawan ditengah persaingan usaha yang kian semakin kompetitif.
Sampel pada penelitian ini diambil dengan metode purposive sampling yang
berdomisili di Provinsi Banten. Jumlah sampel yang digunakan yaitu sebanyak 182
responden. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis
PLS (Partial Least Square) melalui software SmartPLS.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel persepsi manfaat dan persepsi
kemudahan berpengaruh positif terhadap Adopsi Media Sosial. Selanjutnya Adopsi
Media Sosial berhubungan langsung dan signifikan terhadap manfaat yang didapat
oleh UMKM (IOB).
Collections
- New Submissions [126]