Persepsi Mahasiswa Terhadap Merek Dagang Dan Pengambilan Keputusan Membeli Sebuah Produk
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan persepsi merek
dagang terhadap pengambilan keputusan pembelian. Dugaan awal yang diajukan
dalam penelitian ini adalah Persepsi mahasiswa terhadap merek dagang
mempengaruhi pengambilan keputusan membeli sebuah produk. Penelitian ini
mengambil subjek mahasiswa yang tinggal di Yogyakrta. Dengan ciri-ciri, usia
maksimal 29 tahun, serta tinggal dan menempuh pendidikan S1 di perguruan
tinggi di DIY, di mana subjek pernah melakukan pembeian sebuah barang dan
menentukan pilihan dari beberapa merek dagang. Subjek dalam penelitian ini
berjumlah 127 responden, terdiri dari 36 laki-laki dan 91 perempuan. Skala yang
digunakan adalah skala persepsi terhadap merek dagang dan skala pengambilan
keputusan pembelian yang dibuat sendiri oleh peneliti. Aspek-aspek yang
digunakan sebagai acuan adalah berdasarkan teori persepsi dari Schiffman dan
teori pengambilan keputusan dari Engel. Skala persepsi terdiri dari 18 aitem dan
skala pemgambilan keputusan pembelian terdiri dari 31 aitem.
Metode analisis data dalam penelitian ini dilakukan menggunakan
bantuan program SPSS 13.0 for windows. Berdasarkan analisis product moment
dari Pearson menunjukkan angka korelasi sebesar r = 0,184 dengan p = 0,019 ( p
< 0,05). Yang artinya terdapat hubungan positif yang signifikan antara persepsi
mahasiswa di DIY terhadap merek dagang dengan pengambilan keputusan
pembelian sebuah barang. Jadi hipotesis penelitian ini diterima.
Kata kunci: persepsi, merek dagang, pengambilan keputusan, pembelian
Collections
- Psychology [2185]