Show simple item record

dc.contributor.advisorToto Kuwato, Dr
dc.contributor.authorBagus Setiawan
dc.date.accessioned2022-01-26T08:19:24Z
dc.date.available2022-01-26T08:19:24Z
dc.date.issued2012
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/36051
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan persepsi merek dagang terhadap pengambilan keputusan pembelian. Dugaan awal yang diajukan dalam penelitian ini adalah Persepsi mahasiswa terhadap merek dagang mempengaruhi pengambilan keputusan membeli sebuah produk. Penelitian ini mengambil subjek mahasiswa yang tinggal di Yogyakrta. Dengan ciri-ciri, usia maksimal 29 tahun, serta tinggal dan menempuh pendidikan S1 di perguruan tinggi di DIY, di mana subjek pernah melakukan pembeian sebuah barang dan menentukan pilihan dari beberapa merek dagang. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 127 responden, terdiri dari 36 laki-laki dan 91 perempuan. Skala yang digunakan adalah skala persepsi terhadap merek dagang dan skala pengambilan keputusan pembelian yang dibuat sendiri oleh peneliti. Aspek-aspek yang digunakan sebagai acuan adalah berdasarkan teori persepsi dari Schiffman dan teori pengambilan keputusan dari Engel. Skala persepsi terdiri dari 18 aitem dan skala pemgambilan keputusan pembelian terdiri dari 31 aitem. Metode analisis data dalam penelitian ini dilakukan menggunakan bantuan program SPSS 13.0 for windows. Berdasarkan analisis product moment dari Pearson menunjukkan angka korelasi sebesar r = 0,184 dengan p = 0,019 ( p < 0,05). Yang artinya terdapat hubungan positif yang signifikan antara persepsi mahasiswa di DIY terhadap merek dagang dengan pengambilan keputusan pembelian sebuah barang. Jadi hipotesis penelitian ini diterima. Kata kunci: persepsi, merek dagang, pengambilan keputusan, pembelianen_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectpersepsien_US
dc.subjectmerek dagangen_US
dc.subjectpengambilan keputusanen_US
dc.subjectpembelianen_US
dc.titlePersepsi Mahasiswa Terhadap Merek Dagang Dan Pengambilan Keputusan Membeli Sebuah Produken_US
dc.Identifier.NIM03320234


Files in this item

FilesSizeFormatView

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record