Pengembangan Novel Visual Berbasis Android Untuk Meningkatkan Minat Baca
Abstract
Minat baca di Indonesia tergolong sangat rendah dibandingkan dengan negara-negara
lain. Hal ini juga dipengaruhi oleh teknologi yang berkembang dengan pesat. Masyarakat di
Indonesia, terutama kaum remaja, lebih suka bermain smartphone mereka daripada membaca
buku. Dalam mengembangkan minat baca, visualisasi berperan penting untuk membuat ikatan
kuat antara pembaca dan teks. Maka dari itu aplikasi novel visual berbasis Android digunakan
dalam penelitian ini. Aplikasi novel visual merupakan aplikasi yang menggabungkan teks
novel dengan gambar sehingga membuat visualisasi semakin menarik. Tujuan dari penelitian
ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengembangan aplikasi novel visual yang dapat
membantu meningkatkan minat baca masyarakat, dan apakah aplikasi novel visual yang
dikembangkan di penelitian ini dapat membantu meningkatkan minat baca masyarakat.
Aplikasi novel visual sendiri memiliki fitur yang dapat membantu meningkatkan minat baca,
seperti fitur log/history, skip, auto, save and load, dan percabangan cerita. Metode penelitian
yang digunakan adalah analisis kebutuhan dengan membagikan survei yang menanyakan
tentang kebiasaan membaca dan preferensi aspek dari novel visual. Pengembangan sistem yang
menggunakan Ren’Py sebagai engine, dan mengadopsi metode RPL waterfall, dimulai dari
analisis kebutuhan, perancangan cerita dan karakter, implementasi, dan pengujian. Dan
evaluasi sistem dengan melakukan pengujian menggunakan black-box testing dan use-case
testing serta membagikan survei kepuasan kepada pengguna dan menghitung nilai kepuasan
yang didapatkan menggunakan Customer Satisfaction Index (CSI) yang disesuaikan. Nilai
kepuasan yang didapat adalah 82,43% yang termasuk kategori kepuasan Sangat baik. Sehingga
membuktikan bahwa aplikasi novel visual yang dibuat dapat meningkatkan minat baca
masyarakat.
Collections
- Informatics Engineering [2148]