Show simple item record

dc.contributor.advisorAhmad Munasir Rafie Pratama, S.T, M.I.T, Ph.D.
dc.contributor.authorTEGUH DWIPUTRA
dc.date.accessioned2022-01-25T04:23:46Z
dc.date.available2022-01-25T04:23:46Z
dc.date.issued2021-07-20
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/36013
dc.description.abstractMinat baca di Indonesia tergolong sangat rendah dibandingkan dengan negara-negara lain. Hal ini juga dipengaruhi oleh teknologi yang berkembang dengan pesat. Masyarakat di Indonesia, terutama kaum remaja, lebih suka bermain smartphone mereka daripada membaca buku. Dalam mengembangkan minat baca, visualisasi berperan penting untuk membuat ikatan kuat antara pembaca dan teks. Maka dari itu aplikasi novel visual berbasis Android digunakan dalam penelitian ini. Aplikasi novel visual merupakan aplikasi yang menggabungkan teks novel dengan gambar sehingga membuat visualisasi semakin menarik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengembangan aplikasi novel visual yang dapat membantu meningkatkan minat baca masyarakat, dan apakah aplikasi novel visual yang dikembangkan di penelitian ini dapat membantu meningkatkan minat baca masyarakat. Aplikasi novel visual sendiri memiliki fitur yang dapat membantu meningkatkan minat baca, seperti fitur log/history, skip, auto, save and load, dan percabangan cerita. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis kebutuhan dengan membagikan survei yang menanyakan tentang kebiasaan membaca dan preferensi aspek dari novel visual. Pengembangan sistem yang menggunakan Ren’Py sebagai engine, dan mengadopsi metode RPL waterfall, dimulai dari analisis kebutuhan, perancangan cerita dan karakter, implementasi, dan pengujian. Dan evaluasi sistem dengan melakukan pengujian menggunakan black-box testing dan use-case testing serta membagikan survei kepuasan kepada pengguna dan menghitung nilai kepuasan yang didapatkan menggunakan Customer Satisfaction Index (CSI) yang disesuaikan. Nilai kepuasan yang didapat adalah 82,43% yang termasuk kategori kepuasan Sangat baik. Sehingga membuktikan bahwa aplikasi novel visual yang dibuat dapat meningkatkan minat baca masyarakat.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectMinat bacaen_US
dc.subjectNovel Visualen_US
dc.subjectVisualisasien_US
dc.subjectAndroiden_US
dc.subjectRen’Pyen_US
dc.titlePengembangan Novel Visual Berbasis Android Untuk Meningkatkan Minat Bacaen_US
dc.Identifier.NIM17523218


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record