Penentuan Kebutuhan Konsumen Dengan Pendekatan Metode Quality Function Deployment (Studi kasus di Pancake’s Company Yogyakarta)
Abstract
Peningkatan jumlah usaha yang berkembang saat ini di Indonesia cukup menjanjikan.
Hal ini ditandai dengan pola kehidupan masyarakat yang semakin konsumtif, baik
dalam bidang makanan, fashion, dan teknologi. Sehingga membuat semua orang
untuk menciptakan sebuah usaha yang tujuannya untuk memenuhi kebutuhan pasar
dan mendapatkan keuntungan. Pancake Company memerlukan upaya untuk
meningkatkan kualitas produk, metode Quality Function Deployment (QFD). Dengan
menggunakan diagram kartesius , dari delapan atribut yang di sebarkan, didapat dua
atribut yang perlu ditingkatkan dalam pemenuhan kebutuhan konsumen yakni
kesegaran bahan pancake dan penampilan sajian pancake.untuk mendukung atribut
tersebut maka diperlukan pendukung yakni adanya penyesuaian suhu lemari
pendingin dan penyajian makanan yang tertata dengan baik dengan presentasi
31,58%, bahan baku yang selalu baru dengan presentasi 20,88%, dan adanya
training untuk karyawan dalam menghias pancake dengan presentasi 15,78%.
Kata Kunci : Quality Function Deployment,kualitas produk, Atribut-atribut dan
kebutuhan konsumen
Collections
- Industrial Engineering [2224]