Implementasi Variasi Metode Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Fiqh Kelas Vii Di Mts Yapi Pakem Tahun 2019
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya masalah pada proses
pembelajaran fiqih kelas VII di MTs Yapi Pakem, metode yang
diimplementasikan guru dalam mengajar hanya mengacu pada satu metode
pembelajaran saja, yaitu metode ceramah. Sehingga, proses pembelajaran yang
dilakukan cenderung menjadi monoton dan tidak efektif. Sedangkan, dalam
mewujudkan proses pembelajaran yang efektif dibutuhkan beberapa variasi
metode pembelajaran guna menunjang keberhasilan pembelajaran tersebut. Untuk
itu, penelitian ini penting dilakukan guna mengetahui implementasi metode yang
variatif di MTs Yapi Pakem.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis, seberapa
tinggi pelaksanaan dan tingkat keberhasilan penerapan variasi metode
pembelajaran yang diselenggarakan. Penelitian ini bersifat deskriptif-kualitatif
dengan metode pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, wawancara,
dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data penelitian ini menggunakan teknik
triangulasi sumber data dan triangulasi metode pengumpulan data.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, 1) pelaksanaan pembelajaran fiqih
kelas VII di MTs Yapi Pakem telah mengunakan metode pembelajaran yang
cukup bervariasi. Adapun bentuk variasi metode pembelajaran yang
diimplementasikan, yaitu: pertama, ceramah-tanyajawab-penugasan. Kedua,
ceramah-diskusi-tanyajawab. Ketiga, ceramah-penugasan-tanyajawab. 2)
penerapan pembelajaran mulai dari perencanaan hingga pelaksanaan telah baik,
namun evaluasi metode pembelajaran yang dilakukan oleh guru kurang optimal.
Collections
- Islamic Education [863]