Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial Dan Pameran Online Untuk Meningkatkan Penjualan Ekspor Perspektif Etika Bisnis Islam (Studi Kasus Pada Cv. Palem Craft Jogja)
Abstract
CV. Palem Craft Jogja merupakan perusahaan yang bergerak di bidang ekspor yang
menjual produk kerajinan tangan berupa cermin, hiasan dinding, dan lampu hias.
Sebelum terjadinya pandemi Covid-19, Perusahaan ini memiliki strategi untuk
meningkatkan volume penjualan dengan aktif mengikuti pameran fisik. Disaat
pandemi Covid-19 melanda, perusahaan ini sempat mengalami vakum selama 3
bulan dan setelah itu kembali mampu meningkatkan volume penjualan ekspornya
dengan memanfaatkan media online seperti media sosial dan mengikuti pameran
online sebagai pengganti pameran fisik. Sebagai konsumen, tentunya sangat
berharap para pelaku bisnis mengutamakan kebutuhan konsumen dan tidak
mengabaikan etika berbisnis. Oleh karena itu, para pelaku bisnis harus menjaga
hubungan baik dengan menerapkan nilai-nilai etika Islam dalam berbisnis, seperti
kesopanan, kejujuran, dan rasa tanggung jawab yang tinggi. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui strategi pemasaran melalui media sosial dan pameran online
untuk meningkatkan penjualan ekspor pada CV. Palem Craft Jogja. Selain itu,
penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran pada CV. Palem
Craft Jogja apakah sudah sejalan dengan perspektif etika bisnis Islam atau belum.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, dengan analisis data yang
dilakukan melalui wawancara bersama pimpinan serta karyawan pemasaran pada
CV. Palem Craft Jogja, dan melalui dokumen terkait dengan penelitian. Adapun
hasil penelitian ini yaitu strategi pemasaran yang dilakukan CV. Palem Craft Jogja
dinilai efektif untuk meningkatkan penjualan ekspor dengan memanfaatkan
berbagai fitur di media sosial seperti Instagram, sedangkan untuk strategi
pemasaran melalui pameran online dinilai kurang efektif bagi CV. Palem Craft
Jogja hal tersebut dikarenakan produk CV. Palem Craft Jogja harus dilihat dan
dirasakan langsung agar kualitasnya lebih bisa dirasakan. Dalam perspektif etika
bisnis Islam, strategi pemasaran CV. Palem Craft Jogja sudah sesuai dengan kelima
prinsip etika bisnis Islam yaitu prinsip kesatuan, keseimbangan, kehendak bebas,
kebaikan, dan tanggung jawab.
Collections
- Islamic Economics [827]