Show simple item record

dc.contributor.advisorSiska Sulistyorini, S.Pd.I., M.S.I
dc.contributor.authorRARAS RAHCMATUL HUSNA
dc.date.accessioned2022-01-19T03:21:29Z
dc.date.available2022-01-19T03:21:29Z
dc.date.issued2021-08-25
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/35865
dc.description.abstractPendidikan karakter menjadi isu yang mendapat banyak perhatian belakangan ini di Indonesia. Film dapat digunakan menjadi salah satu media pembelajaran yang dapat menanamkan nilai pendidikan karakter pada peserta didik. Salah satu film yang dapat digunakan sebagai pembentukan karakter adalah film Rentang Kisah. Banyak nilai karakter yang terdapat dalam film ini, sehingga sangat cocok untuk dijadikan sebagai salah satu referensi sumber belajar dalam dunia pendidikan. Nilai-Nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam film Rentang Kisah juga memiliki memiliki relevansi terhadap pendidikan agama Islam, sehingga film Rentang Kisah ini layak untuk dijadikan sebagai sebuah bahan ajar di era modern seperti saat ini. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk menganalisis nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam film Rentang Kisah 2) Untuk menganalisis relevansi nilai pendidikan karakter dalam film Rentang Kisah terhadap Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kulitatif dengan menggunakan teori semiotika dan termasuk kedalam jenis penelitian studi pustaka (library research). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik dokumentasi kemudian data dianlisis dengan menggunakan teknik analisis isi (content analysis), yaitu menganalisi isi dialog tokoh, latar, dan peristiwa yang terdapat dalam film. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; (1) terdapat sembilan nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam film Rentang Kisah karya Danial Fikri yaitu: religius, demokratis, kerja keras, berani mengambil resiko, peduli sosial, tanggung jawab, bersahabat/komunikatif, pentang menyerah dan rasa ingin tahu. (2) Kesembilan nilai-nilai pendidikan karakter yang telah ditemukan pada film Rentang Kisah karya Danial Fikri ternyata juga memiliki relevansi terhadap ketiga nilai-nilai pendidikan agama Islam yang terdiri dari tiga pokok ajaran yaitu: I’tiqadiyah, amaliyah dan khuluqiyah.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectPendidikan Karakteren_US
dc.subjectNilai-Nilai Pendidikan Karakteren_US
dc.subjectFilm Rentang Kisahen_US
dc.subjectPendidikan Agama Islamen_US
dc.titleNilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Film Rentang Kisah Karya Danial Fikri Dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Agama Islamen_US
dc.Identifier.NIM17422020


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record