Analisis Regresi Logistik Ordinal Dan Analisis Regresi Logistik Multinomial Terhadap Faktor Yang Mempengaruhi Perpindahan (Churn) Pelanggan (Studi kasus : PT. INDOSAT, Tbk di Galeri Indosat Regional Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta)
Abstract
Penelitian tugas akhir ini bertujuan untuk mengetahui faktor apa saja yang
mempengaruhi potensi churn dan besar peluang tiap kategori dari variabel
berpengaruh terhadap potensi churn. Metode analisis yang dipakai adalah Uji Chi-
Square, Uji Goodman’s and Kruskal’s Gamma, analisis regresi logistik ordinal
dan analisis regresi logistik multinomial. Data yang digunakan adalah data
sekunder dari hasil kuesioner Potensi Churn di Galeri Indosat Regional Jawa
Tengah dan DIY. Dari perhitungan yang dilakukan, diperoleh secara parsial
variabel yang berhubungan dengan potensi churn adalah kualitas produk, kualitas
infrastruktur dan pelayanan/ customer service dan dari analisis regresi logistik
ordinal diperoleh peluang pelanggan yang berpendapat bahwa kualitas produk
tidak memuaskan, kualitas infrastruktur tidak memuaskan dan
pelayanan/customer service tidak memuaskan sehingga memilih untuk churn
sebesar 0,8841 sedangkan dari analisis regresi logistik multinomial pelanggan
yang berpendapat bahwa kualitas produk tidak memuaskan, kualitas infrastruktur
tidak memuaskan sehingga memilih untuk churn sebesar 0,6266.
.
Kata kunci : Uji Chi-Square, Uji Goodman’s and Kruskal’s Gamma, Analisis
Regresi Logistik Ordinal dan Analisis Regresi Logistik Multinomial
Collections
- Statistics [903]