Rancangan Penerapan Strategi Bisnis Dengan Pendekatan Blue Ocean Strategy (Studi Kasus Siomay Kang Indra)
Abstract
Perkembangan bisnis di Indonesia ini sangatlah meningkat dari berbagai usaha
kecil menengah yang digemari oleh masyarakat. Bisnis di Indonesia juga semakin
lama semakin menonjol akan kompleksitas, persaingan, perubahan, dan
ketidakpastian. Baik itu bisnis dalam skala kecil maupun dalam skala besar
sehingga membuat persaingan semakin meningkat antar perusahaan. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk menerapkan strategi bisnis dengan pendekatan Blue
Ocean Strategy menggunakan diagram analisis SWOT. Objek dari penelitian yang
akan dilakukan adalah strategi bisnis Siomay Kang Indra dengan menggunakan
Blue Ocean Strategy Strategi persaingan dari Siomay Kang Indra saat ini
termasuk dalam zona Red Ocean, hal tersebut didasari dari kanvas strategi awal
yang memperlihatkan beberapa atribut yang mempunyai selisih nilai angka lebih
rendah dan tidak terlalu terpaut jauh dalam segi nilai. 1. Pada usaha Siomay
Kang Indra kekuatan yang paling menonjol adalah dari variasi produk, kualitas
produk, keramahan pelayanan dan juga kenyamanan tempat. Sedangkan untuk
kelemehan usaha Siomay Kang Indra terletak pada harga, ciri khas produk,
branding perusahaan, ketersediaan kapasitas, kebersihan, kecepatan respon,
promosi yang diberikan, kemudahan transaksi
Collections
- Industrial Engineering [2227]