Hubungan Brand Image (Citra Merek) Dengan Keputusan Membeli Pada Produk Merek X
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk menemukan hubungan antara brand image dengan keputusan
membeli pada produk merek X. Hipotesis yang diajukan adalah terdapat korelasi positif antara
brand image dengan keputusan membeli pada produk merek X. Para pelanggan produk merek X
yang telah menggunakan produk tersebut setidaknya antara 6 bulan sampai satu tahun adalah
subjek dari penelitian ini. Subjek penelitian terdiri dari 6 laki-laki dan 34 perempuan. Data
dikumpulkan dengan dua skala yaitu skala brand image yang mengacu pada teori Alexander L.
Biel (1992) dan skala keputusan membeli yang mengacu pada teori Philip Kotler (2005). Data
yang diperoleh dianalisa dengan menggunakan korelasi analisis Pearson. Hasil dari penelitian
menunjukan bahwa brand image berkaitan sangat signifikan dengan keputusan membeli pada
produk merek X p=0.000 (p<0.01) sehingga hasil penelitian ini sesuai dengan hipotesis yang ada.
Variabel independen secara efektif memberikan sumbang` an pada variable dependen seperti
terlihat pada r-squared sebesar 42.4%.
Kata Kunci : brand image (citra merek), keputusan membeli
Collections
- Psychology [2177]