Hubungan Antara Dukungan Sosial Guru Dengan Efikasi Diri Pelajaran Matematika
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara
dukungan social guru dengan efikasi diri pelajaran matematika. Hipotesis yang
diajukan dalam penelitian ini adalahada hubungan positif yang signifikan antara
dukungan social guru dengan efikasi diri pelajaran matematika. Subjek dalam
penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Depok
sebanyak 37 siswa. Teknik pengambilan data dengan purposive sampling. Hasil
uji asumsi menemukan bahwa variabel dukungan social dan efikasi diri
terdistribusi normal. Metode analisis data yang digunakan adalah menggunakan
SPSS 16.0 for Windows untuk mengujikorelasi antara dukungan sosial dengan
efikasi diri. Korelasi produk moment menunjukkan korelasi sebesar R = 0,167
dengan nilai signifikansi p = 0,27 yang berarti nilai p lebih besar dari 0,05
(p>0,01). Dengan demikian, hipotesis pada penelitian ini ditolak. Hal ini
menunjukkan tidak ada hubungan positif antara kedua variable sehingga tidak ada
hubungan antara dukungan sosial guru dengan efikasi diri pelajaran matematika
pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Depok.
Kata kunci : Dukungan Sosial Guru, EFikasi Diri Pelajaran Matamatika
Collections
- Psychology [2177]