Hubungan Antara Pola Asuh Otoritatif Orang Tua Dengan Motivasi Belajar Siswa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empirik apakah ada hubungan
antara pola asuh otoritatif orang tua dengan motivasi belajar siswa. Penelitian ini
meneliti siswa-siswi SMP Negeri 16 Yogyakarta kelas VIII. Hipotesis yang
diajukan adalah ada hubungan positif antara pola asuh otoritatif orang tua dengan
motivasi belajar siswa. Semakin tinggi pola asuh otoritatif orang tua, maka
semakin tinggi motivasi belajar siswa dan sebaliknya semakin rendah pola asuh
otoritatif orang tua, maka semakin rendah motivasi belajar siswa. Subjek
berjumlah 111 orang dan menggunakan dua skala penelitian yaitu skala motivasi
belajar dengan 26 aitem dan skala pola asuh otoritatif orang tua dengan 23 aitem.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian
kuantitatif. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
korelasi product moment dari Pearson melalui program SPSS 17.00 for Windows.
Hasil uji korelasi product moment menunjukkan adanya korelasi yang positif dan
signifikan yang ditunjukkan dari koefisien korelasi r = 0.497 dengan p = 0.000
(p<0.05). Oleh karena itu, hipotesis penelitian ini diterima.
Kata Kunci: Motivasi Belajar, Pola Asuh Otoritatif Orang Tua
Collections
- Psychology [2195]