dc.description.abstract | Setiap perusahaan memiliki hubungan yang kompleks dengan masyarakat,
kelompok- kelompok, dan organisasi tertentu. Tugas yang diemban seorang
petugas humas pada dasarnya adalah membantu dan menciptakan dan saling
memelihara alur komunikasi, pengertian, dukungan, serta kerjasama suatu
organisasi atau perusahaan dengan publiknya. PT. Pismatex dan PT. Pajitex ini
merupakan dua dari beberapa perusahaan penghasil tekstil yang cukup besar di
Pekalongan Jawa Tengah. Kedua perusahaan tersebut merupakan produsen sarung
dengan berbagai jenis bahan dan motif. Kegiatan Community Raelations di
industry tekstil dianggap sangat penting karena ini merupakan kegiatan yang
mengembangkan goodwill dan memperoleh opini public yang baik bagi ke dua
perusahaan tersebut.
Berdasarkan kerangka pemikiran tersebut, peneliti mengambil judul :
Strategi Community Relations Pada Industri Textile di Pekalongan (Studi
Deskriptif pada PT. Pismatex dan PT. Pajitex Pekalongan). Peneliti
menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Alasan
pemilihan kedua obyek tersebut dikarenakan belum pernah diteliti sebelumnya
kegiatan community relations di perusahaan tersebut. Maka dari itu peneliti ingin
meneliti kegiatan community relations di PT. Pismatex dan PT. Pajitex.
Narasumber dalam penelitian ini adalah ornag- orang yang mengelola program
community relations di perusahaan textile PT. Pismatex yaitu pemimpin
perusahaan dengan Bapak Jamal, analisis humas dengan Bapak Bambang dan
PKBL serta masyarakat sekitar. Peneliti meneliti di perusahaan PT. Pismatex
selama 10 hari pada tanggal 20 Mei 2011 – 30 Mei 2011. Sedangkan di
perusahaan PT. Pajitex narasumber diperoleh oleh pemimpin perusahaan dengan
Bapak Wahbi, analisis humas dengan Bapak Ferhad dan Bapak Muhammad, dan
BKPL serta masyarakat sekitar. Penelitian ini dimulai sejak tanggal 29 Mei 2011
– 4 Juni 2011.
Penelitian menghasilkan temuan bahwa community relations merupakan
kegiatan yang melekat pada perusahaan sejak awal berdiri, yang diwujudkan
dalam kebijakan perusahaan dan menuntut untuk dipenuhi demi keberlangsungan
operasional perusahaan. Pada PT. Pismatex kegiatan diwujudkan dalam program
irigasi, beasiswa, dan pembinaan usaha kecil. Pelaksanaan kegiatan ini perusahaan
menjalin hubungan dengan publiknya yaitu masyarakat sekitar, pemerintah, dan
pihak- pihak yang berkepentingan lainnya. Upaya ini dilakukan melalui bagian
humas yang bekerjasama dengan bagian- bagian lain di dalam perusahaan. Sama
seperti perusahaan PT. Pajitex, perusahaan ini mempunyai kegiatan community
relations yaitu irigasi, peduli pendidikan dan pembangunan mesjid. Pelaksanaan
dilakukan dengan menjalin hubungan dnegan masyarakat sekitar, pemerintah
maupun pihak- pihak yang berkeptingan. Upaya ini dilakukan melalui bagian
humas yang bekerjasama dengan bagian- bagian lain di dalam perusahaan.
Kegiatan community relations di dua perusahaan tersebut di sambit baik oleh
pihak- pihak yang terlibat.
Namun, kegiatan community relation di perusahaan textile PT. Pismatex dan PT.
Pajitex yang dilakukan sebagai bentuk tanggung jawab sosial yang diwujudkan
dalam program community relations belum berhasil secara maksimal untuk
meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam waktu jangka panjang.
Key words :
Community Relations (CR), Public Relations (PR), PT. Pismatex dan PT. Pajitex | en_US |