Show simple item record

dc.contributor.advisorAnang Hermawan, S, Sos. M. A.
dc.contributor.authorYasmin Khomis Nahdi
dc.date.accessioned2022-01-03T04:53:58Z
dc.date.available2022-01-03T04:53:58Z
dc.date.issued2012
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/35578
dc.description.abstractSetiap perusahaan memiliki hubungan yang kompleks dengan masyarakat, kelompok- kelompok, dan organisasi tertentu. Tugas yang diemban seorang petugas humas pada dasarnya adalah membantu dan menciptakan dan saling memelihara alur komunikasi, pengertian, dukungan, serta kerjasama suatu organisasi atau perusahaan dengan publiknya. PT. Pismatex dan PT. Pajitex ini merupakan dua dari beberapa perusahaan penghasil tekstil yang cukup besar di Pekalongan Jawa Tengah. Kedua perusahaan tersebut merupakan produsen sarung dengan berbagai jenis bahan dan motif. Kegiatan Community Raelations di industry tekstil dianggap sangat penting karena ini merupakan kegiatan yang mengembangkan goodwill dan memperoleh opini public yang baik bagi ke dua perusahaan tersebut. Berdasarkan kerangka pemikiran tersebut, peneliti mengambil judul : Strategi Community Relations Pada Industri Textile di Pekalongan (Studi Deskriptif pada PT. Pismatex dan PT. Pajitex Pekalongan). Peneliti menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Alasan pemilihan kedua obyek tersebut dikarenakan belum pernah diteliti sebelumnya kegiatan community relations di perusahaan tersebut. Maka dari itu peneliti ingin meneliti kegiatan community relations di PT. Pismatex dan PT. Pajitex. Narasumber dalam penelitian ini adalah ornag- orang yang mengelola program community relations di perusahaan textile PT. Pismatex yaitu pemimpin perusahaan dengan Bapak Jamal, analisis humas dengan Bapak Bambang dan PKBL serta masyarakat sekitar. Peneliti meneliti di perusahaan PT. Pismatex selama 10 hari pada tanggal 20 Mei 2011 – 30 Mei 2011. Sedangkan di perusahaan PT. Pajitex narasumber diperoleh oleh pemimpin perusahaan dengan Bapak Wahbi, analisis humas dengan Bapak Ferhad dan Bapak Muhammad, dan BKPL serta masyarakat sekitar. Penelitian ini dimulai sejak tanggal 29 Mei 2011 – 4 Juni 2011. Penelitian menghasilkan temuan bahwa community relations merupakan kegiatan yang melekat pada perusahaan sejak awal berdiri, yang diwujudkan dalam kebijakan perusahaan dan menuntut untuk dipenuhi demi keberlangsungan operasional perusahaan. Pada PT. Pismatex kegiatan diwujudkan dalam program irigasi, beasiswa, dan pembinaan usaha kecil. Pelaksanaan kegiatan ini perusahaan menjalin hubungan dengan publiknya yaitu masyarakat sekitar, pemerintah, dan pihak- pihak yang berkepentingan lainnya. Upaya ini dilakukan melalui bagian humas yang bekerjasama dengan bagian- bagian lain di dalam perusahaan. Sama seperti perusahaan PT. Pajitex, perusahaan ini mempunyai kegiatan community relations yaitu irigasi, peduli pendidikan dan pembangunan mesjid. Pelaksanaan dilakukan dengan menjalin hubungan dnegan masyarakat sekitar, pemerintah maupun pihak- pihak yang berkeptingan. Upaya ini dilakukan melalui bagian humas yang bekerjasama dengan bagian- bagian lain di dalam perusahaan. Kegiatan community relations di dua perusahaan tersebut di sambit baik oleh pihak- pihak yang terlibat. Namun, kegiatan community relation di perusahaan textile PT. Pismatex dan PT. Pajitex yang dilakukan sebagai bentuk tanggung jawab sosial yang diwujudkan dalam program community relations belum berhasil secara maksimal untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam waktu jangka panjang. Key words : Community Relations (CR), Public Relations (PR), PT. Pismatex dan PT. Pajitexen_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectCommunity Relations (CR)en_US
dc.subjectPublic Relations (PR)en_US
dc.subjectPT. Pismatexen_US
dc.subjectPT. Pajitexen_US
dc.titleStrategi Community Relations Pada Industri Tekstil Di Pekalongan, Jawa Tengah (Studi Deskriptif pada PT. Pismatex dan PT. Pajitex)en_US
dc.Identifier.NIM07331040


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record