Show simple item record

dc.contributor.advisorEry Arifuddin, SH., MH.
dc.contributor.authorReni Oktafiani
dc.date.accessioned2021-12-30T01:32:53Z
dc.date.available2021-12-30T01:32:53Z
dc.date.issued2012
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/35503
dc.description.abstractSkripsi ini bertujuan untuk mengetahui tanggung jawab pengangkut, yaitu PT. Pos di Yogyakarta terhadap pengguna jasa. Rumusan masalah yang diajukan yaitu: Tanggung gugat PT. Pos Yogyakarta dalam perjanjian pengangkutan barang?; Bagaimanakah penyelesaiannya terhadap terjadinya kerugian akibat tindakan dari PT. Pos Yogyakarta dalam perjanjian pengangkutan barang. Dalam pihak penyedia jasa pengiriman barang seringkali terjadi kelalaian yang dapat merugikan pihak pengguna jasa. Penelitian ini termasuk tipologi penelitian hukum empiris. Data penelitian dikumpulkan langsung terjun ke lapangan untuk wawancara dengan pihak yang bersangkutan. Analisis dilakukan dengan yuridis normatif dan menunjukkan bahwa masih banyak kelemahan pada tanggung jawab pengangkut. Kelemahan tersebut mencakup aturan-aturan hukum formal belum secara penuh melindungi pengguna jasa; masih ada kelalaian-kelalaian dari pengangkut yang terjadi yang sangat merugikan pihak pengguna jasa, terutama menyangkut masalah keterlambatan barang kiriman yang masih sampai sekarang pihak penyedia jasa belum bisa memberikan ganti rugi karena bergantung pada pihak transportasi; ganti rugi masih belum sesuai dengan yang diinginkan oleh pengguna jasa, sehingga pengguna jasa selalu dipihak yang kalah dalam hal ini. Penelitian ini merekomendasikan perlunya penyempurnaan dan pembaruan aturan-aturan hukum di bidang pengangkutan, tertutama dalam hal penyedia jasa, sehingga ada kesesuaian antara syarat atau ketentuan dari pihak pengangkut dengan peraturan perundang-undangan yang ada. Selain itu, penyedia jasa perlu mengingatkan kembali kepada pengguna jasa tentang aturan, syarat, dan ketentuan yang berlaku, agar tidak akan terjadi hal yang tidak diinginkan dan tidak menimbulkan kerugian bagi pihak pengguna jasa pengiriman maupun bagi pihak penyedia jasa pengiriman itu sendiri. Kata kunci: tanggung jawab, ganti rugi, jasa pengirimanen_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjecttanggung jawaben_US
dc.subjectganti rugien_US
dc.subjectjasa pengirimanen_US
dc.titleTanggung Gugat PT. Pos Yogyakarta Dalam Perjanjian Pengangkutan Barangen_US
dc.Identifier.NIM08410251


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record