Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Perilaku Belajar Mahasiswa Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan
emosional: pengenalan diri, pengendalian diri, motivasi, empati, dan keterampilan
sosial, serta Perilaku belajar yang meliputi: kebiasaan mengikuti pelajaran, kebiasaan
membaca buku, kunjungan ke perpustakaan, dan kebiasaan menghadapi ujian
terhadap pemahaman akuntansi mahasiswa.
Populasi sampel dalam penelitian ini adalah empat Perguruan Tinggi Negeri
dan Swasta yaitu UGM, UNY, UII, dan UPN yang dimana berjumlah keseluruhan
124 sampel. Tekhnik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah Purposive
sampling, dan pengambilan data dengan kuisioner.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam hal kecerdasan emosional,
yang berpengaruh dari lima variabel terbukti dua yang tidak berpengaruh terhadap
pemahaman akuntansi mahasiswa. Variabel independen yang terbukti berpengaruh
terhadap tingkat pemahaman akuntansi adalah pengenalan diri, pengendalian diri,
dan empati. Sedangkan dalam hal motivasi dan keterampilan sosial tidak
berpengaruh terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Dalam hal perilaku belajar,
yang berpengaruh terhadap pemahaman akuntansi mahasiswa yakni variabel
independen tentang kebiasaan mengikuti pelajaran, kunjungan ke perpustakaan, dan
kebiasaan menghadapi ujian berpengaruh positif terhadap tingkat pemahaman
akuntansi mahasiswa, sedangkan kebiasaan membaca buku berpengaruh negatif
terhadap tingkat pemahaman akuntansi.
Collections
- Akuntansi [4399]