Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Sistem Informasi Terhadap Kepuasan Mahasiswa Di Universitas Islam Indonesia
Abstract
Penelitian ini dimaksudkan untuk menganalisis pengaruh kualitas layanan sistem
informasi terhadap kepuasan mahasiswa di Universitas Islam Indonesia. Variabel independen
dalam penelitian ini adalah relevansi hasil keluaran (X1), akurasi hasil keluaran (X2), dan
responsiveness (ketanggapan) (X3), sedangkan variabel dependen dalam penelitian ini adalah
kepuasan mahasiswa (Y).
Dalam penelitian ini menggunakan data primer dimana populasi terdiri dari mahasiswa
Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, Fakultas Teknologi Industri, Fakultas Matematika dan IPA,
serta Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya Universitas Islam Indonesia semester III, V, dan
VII. Kuesioner yang disebar ditujukan untuk 300 responden.
Metode analisis yang digunakan adalah metode deskriptif dan metode kuantitatif.
Responsiveness (ketanggapan) paling berpengaruh terhadap kepuasan mahasiswa dengan nilai t
hitung sebesar 8.469. Kemudian akurasi hasil keluaran mempunyai pengaruh diurutan berikutnya
dengan nilai t hitung sebesar 4.554, sedangkan relevansi hasil keluaran memiliki pengaruh paling
rendah dengan nilai t hitung 2.279. Variabel relevansi hasil keluaran, akurasi hasil keluaran, dan
responsiveness (ketanggapan) terbukti berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan
mahasiswa.
Kata kunci : kualitas layanan, sistem informasi, relevansi hasil keluaran, akurasi hasil keluaran,
responsiveness (ketanggapan), kepuasan mahasiswa
Collections
- Akuntansi [4399]