Pengaruh Kepercayaan, Keamanan, Privasi, Kemudahan Penggunaan, Manfaat, Resiko Dan Norma Subyektif Terhadap Niat Seseorang Dalam Bertransaksi Secara Online
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besarkah pengaruhpengaruh
model penerimaan Technology Acceptance Model (TAM) yang
didalamnya terdapat perspesi manfaat (Perceived Usefullness), persepsi kemudahan
dalam penggunaan (Perceive ease of use). Permasalahan dari peneliti ini sendiri
adalah bagaimana pengaruh kepercayaan terhadap persepsi resiko, manfaat dan
persepsi kemudahan. Dan bagaimana pengaruh persepsi manfaat, persepsi
kemudahan penggunaan, persepsi keamanan dan privasi, persepsi resiko, dan norma
subyektif terhadap niat bertransaksi secara online. Penelitian ini menggunakan
sampel orang-orang yang menggunakan internet dan belum pernah bertransaksi
secara online yang sebanyak 104 orang yang kemudian perhitungan data tersebut
menggunakan Smart PLS. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa kepercayaan
mempengaruhi persepsi kemudahan dapam penggunaan, persepsi manfaat, dan
persepsi resiko. Dan persepsi manfaat, persepsi kemudahan penggunaan, persepsi
keamanan dan privasi, dan norma subyektif mempengaruhi niat bertransaksi secara
online. Selain itu persepsi resiko tidak mempengaruhi niat dalam bertransaksi secara
online.
Kata Kunci : Kepercayaan, Kemudahan Penggunaan, Persepsi Manfaat, TAM,
Toko Online, Transaksi Online
Collections
- Akuntansi [4414]