Analisis Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Trust Pengguna Internet Banking Di Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini berjudul “Analisis Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi
Trust Pengguna Internet Banking Di Yogyakarta” yang bertujuan untuk menguji
faktor – faktor apa saja yang mempengaruhi kepercayaan pengguna internet
banking di Yogyakarta. Penelitian ini fokus terhadap variabel security, privacy,
openness, speed of response, quality of information, technological advancement,
reputation dan satisfaction yang bertujuan untuk mengetahui pengaruhnya
terhadap trust pengguna internet banking.
Penelitian ini mengambil sampel para nasabah bank di kota Yogyakarta
yang telah menggunakan layanan Internet Banking. Sampel responden diambil
dengan menggunakan teknik sampling aksidental, dari seluruh kuisioner yang
tersebar sejumlah 130, yang dapat kembali dan diolah sebanyak 113 sampel.
Pengujian dilakukan dengan menggunakan program smartPLS versi 1.10.
Dari delapan hipotesis yang diujikan dalam penelitian ini, tiga
diantaranya tidak terbukti. Hipotesis yang tidak terbukti tersebut menunjukan
bahwa ada beberapa variabel yang tidak mempengaruhi trust pengguna internet
banking. Variabel – variabel tersebut diantaranya adalah openness, speed of
response dan technological advancement.
Key Words : Internet Banking, Trust, Security, Privacy, Openness, Speed of
Response, Quality of Information, Technological Advancement, Reputation dan
Satisfaction
Collections
- Akuntansi [4400]