Show simple item record

dc.contributor.advisorAnang Hermawan S.Sos, M.A.
dc.contributor.authorAhmad Dian Satria
dc.date.accessioned2021-12-21T08:56:18Z
dc.date.available2021-12-21T08:56:18Z
dc.date.issued2011
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/35326
dc.description.abstractAhmad Dian Satria. 04331035. Pendekatan Kehumasan dalam Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu pada LPK Kepariwisataan di Yogyakarta (Studi Deskriptif pada MIAMI FLEET dan INDO CREW). Skripsi Sarjana. Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya, Universitas Islam Indonesia. 2011. MIAMI FLEET Yogyakarta dan INDO CREW Yogyakarta merupakan lembaga pendidikan dan pelatihan profesi di Yogyakarta yang berorientasi pada sistem pelatihan singkat untuk mencetak tenaga-tenaga profesional, berkualitas dan mempunyai kapabilitas di bidang perhotelan khususnya untuk kapal pesiar. Penelitian mengenai pendekatan kehumasan dalam strategi komunikasi pemasaran terpadu pada LPK Kepariwisataan di Yogyakarta tersebut perlu dilakukan karena adanya persaingan yang ketat antar lembaga pendidikan sehingga lembaga pendidikan harus lebih kreatif dalam menerapkan strategi komunikasi pemasaran. Pertanyaan yang harus dijawab dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi komunikasi pemasaran terpadu pada LPK kepariwisataan MIAMI FLEET Yogyakarta dan INDO CREW Yogyakarta? dan faktor pendukung dan penghambat apa saja yang ditemui dalam strategi komunikasi pemasaran terpadu tersebut? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi komunikasi pemasaran terpadu pada LPK kepariwisataan MIAMI FLEET Yogyakarta dan INDO CREW Yogyakarta dan mendeskripsikan faktor-faktor yang mendukung dan menghambat dalam strategi komunikasi pemasaran terpadu tersebut. Penelitian ini menganut paradigma kontruktivisme dan menggunakan analisis data deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini didapatkan dengan teknik wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan pada bulan November 2010–Desember 2010. Pendekatan kehumasan dalam strategi komunikasi pemasaran terpadu di MIAMI FLEET Yogyakarta meliputi strategi melalui advertising, personal selling, sales promotion, public relations and publicity, direct marketing. Faktor pendukung, meliputi: 1) telah bekerjasama dengan berbagai media cetak untuk publikasi; 2) memiliki keunggulan dalam hal fasilitas, ruang praktek dan tenaga pengajar. Faktor penghambat, meliputi banyak berdirinya LPK Kepariwisataan yang menyediakan jasa sejenis dengan harga yang jauh lebih murah, jumlah tenaga pengajar profesional masih sangat terbatas, banyak pihak yang sengaja mendiskreditkan LPK tertentu. Pendekatan kehumasan dalam strategi komunikasi pemasaran terpadu di INDO CREW Yogyakarta meliputi strategi melalui periklanan, personal selling, promosi penjualan, humas dan publikasi, direct marketing. Faktor pendukung, yaitu mendapat dukungan dari pihak media, pihak kelurahan dan karang taruna. Faktor penghambat yaitu banyaknya oknum tidak bertanggungjawab yang menyebabkan persepsi masyarakat terhadap LPK Pelayaran menjadi tidak baik. Kata Kunci: Pendekatan Kehumasan, Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu, LPK Kepariwisataan, MIAMI FLEET, INDO CREWen_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectPendekatan Kehumasanen_US
dc.subjectStrategi Komunikasi Pemasaran Terpaduen_US
dc.subjectLPK Kepariwisataanen_US
dc.subjectMIAMI FLEETen_US
dc.subjectINDO CREWen_US
dc.titleAnalisis Program dan Strategi Hubungan Eksternal PT. Indosat Cabang Yogyakarta Dalam Upaya Peningkatan Citra dan Loyalitas Pelangganen_US
dc.Identifier.NIM04331035


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record