Efektivitas Iklan Produk Kecantikan Pemutih “X” Terhadap Minat Membeli
Abstract
Penelitian ini mempunyai dua tujuan yaitu untuk mengetahui metode iklan
(video, brosur, dan video-brosur) manakah yang lebih efektif dalam
mempengaruhi minat membeli konsumen, kemudian yang kedua adalah untuk
mengetahui apakah ada perbedaan terkait efektivitas iklan produk kecantikan
pemutih “X” terhadap minat membeli konsumen. Subjek penelitian ini adalah
remaja dan ibu rumah tangga yang berusia antara 17 hingga 35 tahun dari
Dusun Klepu. Subjek penelitian berjumlah 15 orang yang terbagi menjadi 3 grup,
5 orang grup eksperimen 1 yaitu grup video (audiovisual), 5 orang grup
eksperimen 2 yaitu grup brosur (visual), dan 5 orang grup eksperimen 3 yaitu
grup video-brosur (audiovisual). Penelitian ini menggunakan metode eksperimen
dengan memberikan perlakuan berupa iklan (video, brosur, dan video-brosur)
terhadap kelompok eksperimen. Desain eksperimen dalam penelitian ini adalah
one group pre and post test design (Latipun, 2004). Menggunakan tiga teknik
analisis data yaitu Wilcoxon, Kruskall-Wallis Test dan Mann-Whitney U dengan
bantuan SPSS 17.00 for windows. Hasil analisis dilakukan pada hasil pre-test
dan post-test semua grup. Berdasarkan hasil analisis maka hipotesis penelitian
pertama yang berbunyi ada pengaruh iklan video produk kecantikan pemutih “X”
terhadap minat membeli diterima dengan nilai yang diperoleh sebesar 0.043.
Analisis untuk hipotesis kedua yang berbunyi ada pengaruh iklan brosur produk
kecantikan pemutih “X” terhadap minat membeli ditolak dengan nilai sebesar
0.225. Kemudian analisis untuk hipotesis ketiga yang berbunyi ada pengaruh
iklan video-brosur produk kecantikan “X” terhadap minat membeli diterima
dengan nilai diperoleh sebesar 0.043. Berdasarkan analisis terkait pengaruh
iklan tersebut maka dapat dilakukan analisis selanjutnya terkait efektivitas dari
metode iklan video dan video-brosur yang memperoleh hasil sebesar 0.028.
Setelah dilakukan analisis maka dapat disimpulkan bahwa metode iklan yang
efektif mempengaruhi minat membeli konsumen adalah metode video dan videobrosur
yang mempunyai karakteristik audio-visual.
Kata kunci: Efektivitas iklan produk kecantikan pemutih “X”, Minat membeli
Collections
- Psychology [2173]