PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN DARING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MASA PANDEMI CoViD-19 UNTUK MENJAMIN KUALITAS LAYANAN DI SMK TI BALI GLOBAL
Date
2021-10-13Author
Luh Putri Srinadi, Ni
Nugroho, Anggun
Santoso, Joko
Wayan Karang Utama, I
Metadata
Show full item recordAbstract
Pada masa pandemi CoViD-19 ini pembelajaran daring memiliki peran yang
signifikan dalam pembelajaran siswa di Sekolah Menengah, terutama SMK. Pada
penelitian ini ingin diketahui pengaruh dan hubungan antara pembelajaran daring dan
motivasi belajar siswa. Untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan proses pembelajaran,
maka penelitian ini dilakukan di SMK TI Bali Global yang terdiri dari beberapa kelas.
Berdasarkan penelitian awal di beberapa sekolah di Bali, hampir semua proses
pembelajaran telah didukung oleh fasilitas laboratorium dan teknologi yang memadai
untuk sekolah seperti LCD projector, screen dan papan tulis di setiap kelas maupun akses
jaringan nternet. Secara keseluruhan, penelitian ini ingin memperkuat keyakinan bahwa
pembelajaran daring merupakan elemen yang mempengaruhi motivasi siswa di masa
pandemi CoViD-19 berlangsung. Sebuah kuesioner diterapkan untuk mengumpulkan data
dari siswa pada SMK TI Bali Global. Selanjutnya untuk melakukan analisis data akan
digunakan metode statistik.