Kompetensi Kepribadian Guru Sekolah Dasar
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana gambaran
kompetensi kepribadian guru sekolah dasar yang sudah tersertifikasi. Pertanyaan
penelitian yang diajukan adalah bagaimana pandangan guru terhadap kompetensi
kepribadian dan usaha menerapkan semua aspek yang ada dalam profesinya.
Subjek dalam penelitian ini adalah guru Sekolah Dasar Muhammadiyah Sapen
Yogyakarta. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan
wawancara secara mendalam (in depth interview). Metode analisis dengan cara
mengelompokkan data berdasarkan tema-tema yang ingin ditentukan sesuai
dengan aspek yang ingin diungkap. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
kompetensi kepribadian diterapkan secara berbeda oleh setiap guru, hal ini
dipengaruhi oleh pandangan dan pengetahuannya terhadap profesi guru. Usaha
yang dilakukan adalah dengan mengikuti pelatihan, pembinaan dan pemberdayaan
guru.
Key words: kompetensi kepribadian, guru sekolah dasar, pendidikan
Collections
- Psychology [2270]