Perencanaan Alternatif Strategi Bisnis Dengan Pendekatan Analisis Swot Dan Matriks BCG Untuk Menghadapi Persaingan Bisnis Yang Kompetitif (Studi Kasus di Waroeng Spesial Susu Segar ”SSS” Yogyakarta)
Abstract
Waroeng Spesial Susu Segar (Waroeng SSS) adalah salah satu perusahaan di
Yogyakrta yang bergerak dibidang kuliner susu sapi segar. Perusahaan ini selalu
ingin berkembang dengan berusaha memberikan kualitas produk yang baik dan
memberikan pelayanan yang optimal kepada konsumen. Dalam penelitian ini
menggunakan pendekatan Analisis SWOT yang bertujuan mengidentifikasikan
berbagai faktor-faktor secara sistematis untuk merumuskan strategi perusahaan.
Analisis ini didasarkan pada logika yang dapat memaksimalkan kekuatan (strengths)
dan peluang (opportunities), namun secara bersamaan dapat meminimalkan
kelemahan (weaknesses) dan ancaman (threats). Selain itu penulis juga menggunakan
Matriks BCG yang bertujuan untuk mengembangkan keseimbangan antara berbagai
portofolio produk dan mengetahui posisi pangsa pasar perusahaan. Dalam penelitian
ini, dilakukan penyebaran kuesioner yang di dalamnya berisi 10 atribut kebutuhan
konsumen Waroeng SSS. Hasil dari kuesioner menunjukan bahwa tingkat kepentingan
yang diharapkan konsumen masih jauh dengan keadaan prusahaan sekarang. Untuk
mengatasi hal tersebut dilakukan analisis dengan menggunakan Matriks SWOT
dengan memfokuskan pada kegiatan operasional perusahaan dan Matriks BCG untuk
memberikan alternatif strategi kepada perusahaan. Dari hasil perhitungan Matriks
IFE dan Matriks EFE menunjukan Waroeng SSS berada pada kuadran I (Aggresif)
dengan 1,6 kearah kekuatan dan 1,65 kearah peluang yang artinya adalah Waroeng
SSS memiliki situasi yang sangat menguntungkan. Sedangkan posisi pasar Waroeng
SSS yang diperoleh dari Matriks BCG yaitu terletak di posisi Star dengan
pertumbuhan pasar dari Tahun 2008-2010 sebesar 17,46% dan Pangsa Pasar Relatif
sebesar 1,75 yang mempunyai kemungkinan terbaik untuk mengembangkan investasi.
Alternatif strategi bisnis yang disarankan untuk perusahaan antara lain memberikan
musik di Waroeng SSS, mengoptimalkan promosi di situs internet khususnya Social
Network, manambah/memperbaiki fasilitas demi kenyamanan konsumen dan selalu
memberi image bahwa minum susu segar jauh lebih sehat daripada susu kemasan.
Hal ini bertujuan untuk meningkatkan jumlah pelanggan dan pendapatan perusahaan,
sehingga peusahaan dapat keluar dari persaingan.
Kata kunci : SWOT, BCG , Waroeng SSS, Strategi
Collections
- Industrial Engineering [2227]