Show simple item record

dc.contributor.advisorDrs. H.R. Abdul Djalal, MM
dc.contributor.authorFa Intan Lindiani
dc.date.accessioned2021-12-17T02:02:12Z
dc.date.available2021-12-17T02:02:12Z
dc.date.issued2011
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/35269
dc.description.abstractWaroeng Spesial Susu Segar (Waroeng SSS) adalah salah satu perusahaan di Yogyakrta yang bergerak dibidang kuliner susu sapi segar. Perusahaan ini selalu ingin berkembang dengan berusaha memberikan kualitas produk yang baik dan memberikan pelayanan yang optimal kepada konsumen. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan Analisis SWOT yang bertujuan mengidentifikasikan berbagai faktor-faktor secara sistematis untuk merumuskan strategi perusahaan. Analisis ini didasarkan pada logika yang dapat memaksimalkan kekuatan (strengths) dan peluang (opportunities), namun secara bersamaan dapat meminimalkan kelemahan (weaknesses) dan ancaman (threats). Selain itu penulis juga menggunakan Matriks BCG yang bertujuan untuk mengembangkan keseimbangan antara berbagai portofolio produk dan mengetahui posisi pangsa pasar perusahaan. Dalam penelitian ini, dilakukan penyebaran kuesioner yang di dalamnya berisi 10 atribut kebutuhan konsumen Waroeng SSS. Hasil dari kuesioner menunjukan bahwa tingkat kepentingan yang diharapkan konsumen masih jauh dengan keadaan prusahaan sekarang. Untuk mengatasi hal tersebut dilakukan analisis dengan menggunakan Matriks SWOT dengan memfokuskan pada kegiatan operasional perusahaan dan Matriks BCG untuk memberikan alternatif strategi kepada perusahaan. Dari hasil perhitungan Matriks IFE dan Matriks EFE menunjukan Waroeng SSS berada pada kuadran I (Aggresif) dengan 1,6 kearah kekuatan dan 1,65 kearah peluang yang artinya adalah Waroeng SSS memiliki situasi yang sangat menguntungkan. Sedangkan posisi pasar Waroeng SSS yang diperoleh dari Matriks BCG yaitu terletak di posisi Star dengan pertumbuhan pasar dari Tahun 2008-2010 sebesar 17,46% dan Pangsa Pasar Relatif sebesar 1,75 yang mempunyai kemungkinan terbaik untuk mengembangkan investasi. Alternatif strategi bisnis yang disarankan untuk perusahaan antara lain memberikan musik di Waroeng SSS, mengoptimalkan promosi di situs internet khususnya Social Network, manambah/memperbaiki fasilitas demi kenyamanan konsumen dan selalu memberi image bahwa minum susu segar jauh lebih sehat daripada susu kemasan. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan jumlah pelanggan dan pendapatan perusahaan, sehingga peusahaan dapat keluar dari persaingan. Kata kunci : SWOT, BCG , Waroeng SSS, Strategien_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectSWOTen_US
dc.subjectBCGen_US
dc.subjectWaroeng SSSen_US
dc.subjectStrategien_US
dc.titlePerencanaan Alternatif Strategi Bisnis Dengan Pendekatan Analisis Swot Dan Matriks BCG Untuk Menghadapi Persaingan Bisnis Yang Kompetitif (Studi Kasus di Waroeng Spesial Susu Segar ”SSS” Yogyakarta)en_US
dc.Identifier.NIM07522059


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record