• Login
    View Item 
    •   DSpace Home
    • Centers
    • DPPM (Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat)
    • Prosiding
    • Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian Masyarakat "Teknologi Informasi dan Komunikasi yang Berkesinambungan dan Berorientasi Layanan" - Diseminasi Penelitian
    • View Item
    •   DSpace Home
    • Centers
    • DPPM (Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat)
    • Prosiding
    • Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian Masyarakat "Teknologi Informasi dan Komunikasi yang Berkesinambungan dan Berorientasi Layanan" - Diseminasi Penelitian
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    ANALISIS SWOT DAN PERUMUSAN STRATEGI USAHA MIKRO (Studi kasus pada usaha sambal pecel di Kota Madiun)

    Thumbnail
    View/Open
    UP 364-376 Vinsensius - ANALISIS SWOT.pdf (264.2Kb)
    Date
    2021-10-13
    Author
    Widdy Tri Prasetyo, Vinsensius
    Prabawati Putri Handayani, Wahyu
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Sambal pecel merupakan makanan khas Kota Madiun yang diproduksi oleh masyarakat Kota Madiun secara turun temurun sampai sekarang. Awalnya sambal pecel merupakan makanan khas yang menjadi ikon Kota Madiun yang cukup berkembang, namun seiring berjalannya waktu perkembangan jenis makanan bermunculan yang menjadi saingan bagi pelaku usaha sambal pecel. Hal ini berdampak pada produksi dan hasil penjualan sambal pecel yang dikuatirkan ke depannya makanan khas Kota Madiun ini akan punah dan hilang yang diakibatkan jumlah usaha sambal pecel di Kota Madiun semakin menurun dan masyarakat enggan untuk memproduksi sambal pecel karena minat makanan sambal pecel semakin hilang. Oleh karena itu, diperlukan suatu penelitian untuk mengetahui bagaimana strategi yang harus diimplementasikan sehingga sambal pecel mampu bersaing dengan makanan lainnya yang sudah bermunculan di Kota Madiun. Berdasarkan analisis SWOT diperoleh kombinasi strategi sebagai berikut, strategi SO: penambahan jumlah produksi dan memperluas pasar dengan memfaatkan dukungan dari pemerintah dan pengalaman menjalankan usaha, diversifikasi produk berdasarkan karakteristik dan kemasannya, strategi WO: rekayasa teknologi mandiri untuk proses produksi dengan mengikuti pembinaan dan pelatihan dari pemerintah, strategi ST: efisiensi produksi dan fokus pada pasar sasaran tertentu, dan strategi WT: menentukan jumlah standar jumlah produksi dalam satu siklus produksi. Berdasarkan pemetaan strategi dengan matriks IE rumusan strategi yang bisa diterapkan pengusaha sambal pecel adalah strategi intesif, seperti market penetration, market development, dan product development
    URI
    https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/35018
    Collections
    • Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian Masyarakat "Teknologi Informasi dan Komunikasi yang Berkesinambungan dan Berorientasi Layanan" - Diseminasi Penelitian [33]

    DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    @mire NV
     

     

    Browse

    All of DSpaceCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    @mire NV