Show simple item record

dc.contributor.authorWiddy Tri Prasetyo, Vinsensius
dc.contributor.authorPrabawati Putri Handayani, Wahyu
dc.date.accessioned2021-12-07T04:03:45Z
dc.date.available2021-12-07T04:03:45Z
dc.date.issued2021-10-13
dc.identifier.isbn978-623-6572-45-0
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/35018
dc.description.abstractSambal pecel merupakan makanan khas Kota Madiun yang diproduksi oleh masyarakat Kota Madiun secara turun temurun sampai sekarang. Awalnya sambal pecel merupakan makanan khas yang menjadi ikon Kota Madiun yang cukup berkembang, namun seiring berjalannya waktu perkembangan jenis makanan bermunculan yang menjadi saingan bagi pelaku usaha sambal pecel. Hal ini berdampak pada produksi dan hasil penjualan sambal pecel yang dikuatirkan ke depannya makanan khas Kota Madiun ini akan punah dan hilang yang diakibatkan jumlah usaha sambal pecel di Kota Madiun semakin menurun dan masyarakat enggan untuk memproduksi sambal pecel karena minat makanan sambal pecel semakin hilang. Oleh karena itu, diperlukan suatu penelitian untuk mengetahui bagaimana strategi yang harus diimplementasikan sehingga sambal pecel mampu bersaing dengan makanan lainnya yang sudah bermunculan di Kota Madiun. Berdasarkan analisis SWOT diperoleh kombinasi strategi sebagai berikut, strategi SO: penambahan jumlah produksi dan memperluas pasar dengan memfaatkan dukungan dari pemerintah dan pengalaman menjalankan usaha, diversifikasi produk berdasarkan karakteristik dan kemasannya, strategi WO: rekayasa teknologi mandiri untuk proses produksi dengan mengikuti pembinaan dan pelatihan dari pemerintah, strategi ST: efisiensi produksi dan fokus pada pasar sasaran tertentu, dan strategi WT: menentukan jumlah standar jumlah produksi dalam satu siklus produksi. Berdasarkan pemetaan strategi dengan matriks IE rumusan strategi yang bisa diterapkan pengusaha sambal pecel adalah strategi intesif, seperti market penetration, market development, dan product developmenten_US
dc.subjectSWOT, Sambal Pecel, Strategien_US
dc.titleANALISIS SWOT DAN PERUMUSAN STRATEGI USAHA MIKRO (Studi kasus pada usaha sambal pecel di Kota Madiun)en_US
dc.typeBooken_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record