Pengaruh Dukungan Sosial Terhadap Selfefficacy Pada Mahasiswa Penghafal Al-Qur’an
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dukungan sosial terhadap
self-efficacy pada mahasiswa penghafal Al-Qur’an. Responden penelitian ini
berjumlah 180 orang dengan kriteria mahasiswa penghafal Al-Qur’an yang
tinggal di pesantren maupun di luar pesantren. Pengukuran variabel self-efficacy
menggunakan skala New General Self Efficacy (NGSE), sedangkan variabel
dukungan sosial menggunakan skala Multidimensional Scale of Perceived Social
Support (MSPSS). Metode analisis data penelitian ini menggunakan teknik regresi
linear berganda metode stepwise. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dukungan
teman merupakan satu-satunya prediktor untuk self-efficacy pada mahasiswa
penghafal Al-Qur’an. Dukungan sosial keluarga dan dukungan sosial significant
others tidak mampu memprediksikan self-efficacy mahasiswa dalam menghafal
Al-Quran.
Collections
- Psychology [2186]