Pengukuran Dan Analisa Indikator Kinerja Pada FTI-UII Yogyakarta Dengan Metode Balance Scorecard
Abstract
Sebagaimana yang kita ketahui bahwa pendidikan merupakan kegiatan yang sangat penting baik formal maupun non-formal. Universitas sebagai institusi formal sangat membutuhkan strategi dalam rangka bersaing dengan universitas-universitas lain seperti meningkatkan kedudukan pasar, meningkatkan ekpektasi konsumen dan meningkatkan kualitas edukasi. Hal yang perlu diperhatikan dalam peningkatan kualiltas adalah tidak hanya mengandalkan sisi keuangan saja melainkan pelanggan, bisnis internal dan juga pertumbuhan dan pembelajaran. Hal ini sering disebut dengan metode balance scorecard. Dari hasil penelitian yang menggunakan metode balance scorecard pada FTI UII Yogyakarta ini didapatkan bahwa indikator penentu pada seluruh perspektif pada balance scorecard berjumlah 53 indikator. Di dalamnya ada yang sesuai dengan target dan ada juga yang masih jauh dari harapan. Oleh karenanya tindakan yang perlu dilakukan oleh pihak FTI UII Yogyakarta adalah perlunya menindak lanjuti indikator-indikator yang dirasa harus di tingkatkan kualitasnya agar sejajar dengan indikator-indikator lainnya. Sedangkan bagi indikator yang sudah dirasa cukup supaya tetap dipantau agar tetap berkualitas.
Kata kunci: strategy, perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif bisnis internal, perspektif pertumbuhan dan pembelajaran, balance scorecard, indikator
Collections
- Industrial Engineering [2224]