Evaluasi Performance Perusahaan Dan Perancangan Strategi Pemasaran Terhadap Produk Perdana CDMA Dengan Pendekatan SWOT Dan Blue Ocean Strategy ( Studi Kasus Pada Esia Yogyakarta)
Abstract
Kebutuhan akan komunikasi melandasi perkembangan dunia telekomunikasi
menjadi semakin pesat, hal tersbut juga berpengaruh terhadap para pelaku industri
telekomunikasi. Perkembangan pesat tersebut membuat perkembangan industri
telekomunikasi menjadi semakin besar dan menjanjikan, hal tersebut membuat
pertumbuhan jumlah pelaku industri telekomunikasi semakin banyak, dan tidak dapat
dielakkan lagi persaingan dunia tersebut semakin ketat. Esia merupakan salah satu
provider telepon CDMA yang juga tidak lepas dari persaingan, untuk itu diperlukan
terobosan agar Esia mendapatkan tempat tersendiri di masyarakat dan dapat terus
bertahan ditengah persaingan. Maka tujuan penelitian kali ini akan mengkaji strategi
pemasaran yang didasarkan atas performance perusahaan.
Penelitian ini menggunakan Analisis SWOT dan Blue Ocean Strategy sebagai
metode penelitiannya. SWOT akan menunjukkan kekurangan dan kelebihan dari sudut
pandang internal dan eksternal perusahaan dan akan memberikan gambaran posisi
perusahaan saat ini, sedangkan Blue Ocean Strategy akan memberikan gambaran
peluang baru dalam pengembangan pasar baru yang belum dijamah oleh pesaing lain.
Dari penelitian ini didapatkan bahwa atribut yang menjadi kelemahan Esia
adalah: Struktur organisasi, perlengkapan fasilitas kerja yang belum optimal di kantor
Yogyakarta dan tenaga pemasaran yang kurang terorganisir. Atribut yang menjadi
kekuatan Esia adalah nama dan citra perusahaan, jaringan internasional, kualitas
produk yang baik, keuangan dan modal yang cukup, jangkauaan jaringan, penetapan
harga, pemilihan pemasaran. Tingkat pengalaman karyawan yang memadai dan
tingkat perndidikan karyawan yang cukup baik.. Atribut yang menjadi ancaman
peusahaan ini adalah: Keloyalan dan kebiasaan Seseorang dengan provider yang telah
lama digunakan, Meningkatnua jumlah pesaing, Pembatasan pembangunan tower
pemerintah dan Peluang perusahaan ini meliputi Pembangunan ekonomi Asia dan
Eropa,Terbukanya pasar, Posisi produk, Produk sesuai dengan keinginan pelanggan,
Reaksi pasar, Jaringan dalam dan luar negeri, Kebijakan pemerintah. Dari Metode
Blue Ocean Strategy didapat faktor dan tindakan yang perlu dihilangkan, dikurangi,
ditingkatkan dan diciptakan dalam mencapai samudra biru pada produk Esia adalah
Menghapuskan masalah gangguan jaringan Mengurangi harga perdana kartu prabayar
Meningkatkan promo produk, kekuatan sinyal, meluaskan jangkauaan jaringan, dan
meningkatkan pelayanan pada sentra pelayanan produk Esia dan Menciptakan
program limit pulsa
Kata Kunci: Strenghts, Weakneses, Opportunities, Threats, Blue Ocean Strategy,
Dihilangkan, dikurangi, ditingkatkan dan diciptakan
Collections
- Industrial Engineering [2224]