Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tanggung Jawab Sosial Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui berapa besar praktek pelaksanaan tanggung jawab sosial oleh perusahaan manufaktur di Indonesia yang terdaftar di BEI pada tahun 2008, 2009 dan 2010. Selain itu, penelitian ini juga meneliti beberapa faktor yang sekiranya mempunyai pengaruh terhadap pelaksanaan tanggung jawab sosial. Faktor-faktor yang merupakan variabel independen tersebut antara lain adalah ukuran perusahaan (size), profitabilitas, leverage, ukuran dewan komisaris dan umur perusahaan. Sedangkan variabel dependennya diwakili oleh tingkat pengungkapan tanggung jawab sosial pada laporan tahunan dengan pemberian skor atas pengungkapan hal tanggung jawab sosial sesuai dengan indikator pengungkapan berdasarkan Global Reporting Initiative (GRI). Pengolahan dan analisis data dalam penelitian ini menggunakan regresi linier berganda. Objek penelitian yang digunakan adalah 46 perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI dengan jumlah laporan tahunan yang diobservasi sebanyak 138 laporan tahunan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara terpisah, variabel ukuran perusahaan (size) dan profitabilitas memiliki pengaruh yang positif terhadap tanggung jawab sosial. Sedangkan leverage dan umur perusahaan mempunyai pengaruh yang negatif terhadap tanggung jawab sosial. Namun, dalam penelitian ini variabel ukuran dewan komisaris tidak berpengaruh terhadap tanggung jawab sosial pada perusahaan manufaktur.
Kata kunci: Tanggung Jawab Sosial, Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial, Ukuran Perusahaan (size), Profitabilitas, Leverage, Ukuran Dewan Komisaris dan Umur Perusahaan.
Collections
- Akuntansi [4399]