Analisis Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Minat Penggunaan Aplikasi Transportasi Online Selama Masa Pandemi Covid 19 Pada Generasi Milenial Di Kota Yogyakarta
Abstract
Transportasi online adalah salah satu bentuk perusahaan e-commerce, yang
merupakan suatu jasa pelayanan transportasi modern berbasis internet.
Transportasi online menggunakan suatu aplikasi, dimana konsumen atau
penggunanya dapat langsung memesan melalui aplikasi yang ada di smartphone
mereka. Selain untuk pemesanan jasa transportasi (Go-Ride, Go-Car, Grab-Bike,
Grab-Car), aplikasi transportasi online juga dapat digunakan untuk pesan antar
makanan (Go-Food, Grab-Food), pengantaran paket dalam kota (Go-Send, ),
belanja langsung antar (Go-Shop, Go-Mart), metode pembayaran (Go-pay), dan
lain-lain. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh ekspektasi
kinerja, ekspektasi usaha, pengaruh sosial, dan kondisi pendukung terhadap minat
penggunaan aplikasi transportasi online selama masa pandemi COVID-19.
Penelitian ini mengadopsi model Unified Theory of Acceptance and Use of
Technology (UTAUT). Penelitian ini menggunakan data primer dengan
menyebarkan kuesioner secara online. Responden dalam penelitian ini adalah 101
generasi milenial di Kota Yogyakarta. Alat yang digunakan dalam penelitian ini
adalah program SPSS Statistic 25. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa
ekspektasi kinerja, ekspektasi usaha, pengaruh sosial, dan kondisi pendukung
berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat penggunaan aplikasi transportasi
online selama masa pandemi COVID-19.
Collections
- Akuntansi [4509]