Pengembangan Aplikasi CRM (Customer Relationship Management) Sebagai Penunjang Strategi Bisnis Distro
Abstract
Pelanggan sebuah lingkungan bisnis merupakan komponen utama yang
menunjang proses bisnis dalam suatu perusahaan untuk tetap berjalan. Dalam
perkembangan dunia usaha pelanggan merupakan aset terbesar dan terpenting
demi terciptanya kelancaran proses bisnis yang mereka terapkan. Perkembangan
teknologi mendorong munculnya metode-metode baru dalam segala aspek,
termasuk aspek bisnis. Pesatnya perkembangan teknologi informasi yang ada saat
ini, menjadikan semua jenis usaha memanfaatkan dunia teknologi informasi
sebagai sarana penunjang promosi maupun penjualan (sales and marketing) baik
untuk usaha dengan skala besar hingga kecil.
CRM (Customer Relationship Management) merupakan strategi bisnis
untuk mengelola konsumen yang menguntungkan untuk perusahaan dan kepuasan
konsumen itu sendiri. Dalam kolaborasinya dengan teknologi maka dibutuhkanlah
aplikasi CRM yang akan mendukung proses bisnis dalam distro seperti bagian
penjualan, pemasaran dan pelayanan. Kegiatan tersebut berkaitan langsung
dengan pelanggan dalam sebuah lingkungan bisnis. Aplikasi CRM akan
menyimpan data secara historical pada sebuah database yang nantinya akan
membentuk sebuah informasi yang digunakan untuk strategi penjualan maupun
pemasaran berikutnya.
Pengembangan Aplikasi CRM (Customer Relationship Management)
Sebagai Penunjang Strategi Bisnis Distro dibangun berbasis website. Hal ini
dimaksudkan agar sesuai dengan konsep CRM. Memberikan akses pelayanan
kepada pelanggan setiap saat dengan akses online. Sistem memberikan analisis
pelanggan serta membangun hubungan pelanggan yang terintegrasi secara
otomatis dengan sistem penjualan yang telah ada.
Hasil akhir dari aplikasi ini dapat digunakan sebagai bahan analisis untuk
menunjang strategi bisnis distro. Menyediakan alat bantu promosi setelah proses
analisis. Selain itu dalam aplikasi ini juga diberikan layanan yang diharapkan akan
menjadikan pelanggan setia dan loyal terhadap distro. Berdasarkan hasil evaluasi
dari responden yakni manajemen distro dan mahasiswa, diperoleh hasil rata-rata
baik dalam penggunaan, kualitas informasi, kualitas interaksi, dan dukungan
terhadap manajemen
Kata kunci : crm, afiliasi, pemasaran, analisis pelanggan
Collections
- Informatics Engineering [2170]