Show simple item record

dc.contributor.advisorHendrik, S.T, M.Eng.
dc.contributor.authorRakhmat Syarifudin
dc.date.accessioned2021-11-23T02:18:50Z
dc.date.available2021-11-23T02:18:50Z
dc.date.issued2011
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/34577
dc.description.abstractPelanggan sebuah lingkungan bisnis merupakan komponen utama yang menunjang proses bisnis dalam suatu perusahaan untuk tetap berjalan. Dalam perkembangan dunia usaha pelanggan merupakan aset terbesar dan terpenting demi terciptanya kelancaran proses bisnis yang mereka terapkan. Perkembangan teknologi mendorong munculnya metode-metode baru dalam segala aspek, termasuk aspek bisnis. Pesatnya perkembangan teknologi informasi yang ada saat ini, menjadikan semua jenis usaha memanfaatkan dunia teknologi informasi sebagai sarana penunjang promosi maupun penjualan (sales and marketing) baik untuk usaha dengan skala besar hingga kecil. CRM (Customer Relationship Management) merupakan strategi bisnis untuk mengelola konsumen yang menguntungkan untuk perusahaan dan kepuasan konsumen itu sendiri. Dalam kolaborasinya dengan teknologi maka dibutuhkanlah aplikasi CRM yang akan mendukung proses bisnis dalam distro seperti bagian penjualan, pemasaran dan pelayanan. Kegiatan tersebut berkaitan langsung dengan pelanggan dalam sebuah lingkungan bisnis. Aplikasi CRM akan menyimpan data secara historical pada sebuah database yang nantinya akan membentuk sebuah informasi yang digunakan untuk strategi penjualan maupun pemasaran berikutnya. Pengembangan Aplikasi CRM (Customer Relationship Management) Sebagai Penunjang Strategi Bisnis Distro dibangun berbasis website. Hal ini dimaksudkan agar sesuai dengan konsep CRM. Memberikan akses pelayanan kepada pelanggan setiap saat dengan akses online. Sistem memberikan analisis pelanggan serta membangun hubungan pelanggan yang terintegrasi secara otomatis dengan sistem penjualan yang telah ada. Hasil akhir dari aplikasi ini dapat digunakan sebagai bahan analisis untuk menunjang strategi bisnis distro. Menyediakan alat bantu promosi setelah proses analisis. Selain itu dalam aplikasi ini juga diberikan layanan yang diharapkan akan menjadikan pelanggan setia dan loyal terhadap distro. Berdasarkan hasil evaluasi dari responden yakni manajemen distro dan mahasiswa, diperoleh hasil rata-rata baik dalam penggunaan, kualitas informasi, kualitas interaksi, dan dukungan terhadap manajemen Kata kunci : crm, afiliasi, pemasaran, analisis pelangganen_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectCRMen_US
dc.subjectafiliasien_US
dc.subjectpemasaranen_US
dc.subjectanalisis pelangganen_US
dc.titlePengembangan Aplikasi CRM (Customer Relationship Management) Sebagai Penunjang Strategi Bisnis Distroen_US
dc.Identifier.NIM07523337


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record