Implementasi Penyusunan Kata Menggunakan Algoritma Genetika Dalam Permainan Scrabble
Abstract
Metode belajar sambil bermain diakui lebih menarik dibandingkan dengan
metode belajar secara monoton. Hal ini mempengaruhi sarana belajar sambil
bermain yang semakin berkembang dari waktu ke waktu, diantaranya permainan
scrabble sebagai sarana belajar bahasa inggris. Permainan scrabble pun telah
semakin modern, disajikan menggunakan perangkat lunak (software). Metode
kecerdasasan buatan dimanfaatkan untuk pengembangan perangkat lunak
permainan scrabble tersebut. Salah satu metode kecerdasan buatan yang dapat
digunakan untuk mengembangkan perangkat lunak permainan scrabble adalah
Algoritma Genetika. Menggunakan algoritma ini, komputer akan mencari kata
optimum dalam permainan scrabble sehingga komputer dapat menjadi lawan
bermain. Tugas Akhir ini merupakan implementasi dari teori Algoritma Genetika
menjadi sebuah perangkat lunak permainan scrabble. Untuk membangun
implementasi tersebut, dilakukan analisis kebutuhan perangkat lunak dan
perancangan perangkat lunak. Analisis kebutuhan dilakukan menggunakan
metode terstruktur dan perancangan dilakukan mengunakan flowchart. Setelah
dibuat implementasi kemudian dilakukan analisis kinerja perangkat lunak dengan
pengujian normal dan tidak normal serta analisis waktu kompilasi perangkat
lunak. Hasil penelitian Tugas Akhir ini adalah Algoritma Genetika mampu
diterapkan dalam permainan scrabble dengan waktu kompilasi yang singkat.
Akan tetapi, untuk implementasi yang lebih optimum, dibutuhkan analisis
representasi kromosom yang tepat.
Kata Kunci:
Algoritma Genetika, Scrabble, optimasi kata, permainan kecerdasan buatan
Collections
- Informatics Engineering [2148]