Show simple item record

dc.contributor.advisorZainudin Zukhri, S.T., M.IT.
dc.contributor.authorDinda Eling Kartikaning Sasmito
dc.date.accessioned2021-11-22T06:04:26Z
dc.date.available2021-11-22T06:04:26Z
dc.date.issued2011
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/34555
dc.description.abstractMetode belajar sambil bermain diakui lebih menarik dibandingkan dengan metode belajar secara monoton. Hal ini mempengaruhi sarana belajar sambil bermain yang semakin berkembang dari waktu ke waktu, diantaranya permainan scrabble sebagai sarana belajar bahasa inggris. Permainan scrabble pun telah semakin modern, disajikan menggunakan perangkat lunak (software). Metode kecerdasasan buatan dimanfaatkan untuk pengembangan perangkat lunak permainan scrabble tersebut. Salah satu metode kecerdasan buatan yang dapat digunakan untuk mengembangkan perangkat lunak permainan scrabble adalah Algoritma Genetika. Menggunakan algoritma ini, komputer akan mencari kata optimum dalam permainan scrabble sehingga komputer dapat menjadi lawan bermain. Tugas Akhir ini merupakan implementasi dari teori Algoritma Genetika menjadi sebuah perangkat lunak permainan scrabble. Untuk membangun implementasi tersebut, dilakukan analisis kebutuhan perangkat lunak dan perancangan perangkat lunak. Analisis kebutuhan dilakukan menggunakan metode terstruktur dan perancangan dilakukan mengunakan flowchart. Setelah dibuat implementasi kemudian dilakukan analisis kinerja perangkat lunak dengan pengujian normal dan tidak normal serta analisis waktu kompilasi perangkat lunak. Hasil penelitian Tugas Akhir ini adalah Algoritma Genetika mampu diterapkan dalam permainan scrabble dengan waktu kompilasi yang singkat. Akan tetapi, untuk implementasi yang lebih optimum, dibutuhkan analisis representasi kromosom yang tepat. Kata Kunci: Algoritma Genetika, Scrabble, optimasi kata, permainan kecerdasan buatanen_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectAlgoritma Genetikaen_US
dc.subjectScrabbleen_US
dc.subjectoptimasi kataen_US
dc.subjectpermainan kecerdasan buatanen_US
dc.titleImplementasi Penyusunan Kata Menggunakan Algoritma Genetika Dalam Permainan Scrabbleen_US
dc.Identifier.NIM07523164


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record