Dukungan Sosial, Efikasi Diri Pembelajaran Daring Dan Stres Akademik Mahasiswa Pada Masa Pandemi Covid-19
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui hubungan antara dukungan sosial, efikasi diri
pembelajaran daring dan stres akademik pada mahasiswa yang melangsungkan kuliah daring
pada masa COVID-19. Hipotesis yang diajukan adalah dukungan sosial dan efikasi diri
pembelajaran daring secara bersama-sama dapat memprediksi stres akademik mahasiswa.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Partisipan pada penelitian ini adalah
200 mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia, laki-laki dan perempuan, usia 1824
tahun.
Skala
yang
digunakan
adalah
Perception
Academic
Stress
(PAS),
Multidimensional
Scale
of
Perceived
Social
Support
(MSPSS),
dan
Online
Learning
Self
Efficacy
Scale
(OLSES).
Hasil
data
dianalisis
dengan
menggunakan
analisis
regresi.
Hipotesis
diterima
dengan
nilai
F
4,564
dan
signifikansi
p
=
0.012
(p<0.05).
Hipotesis
lain
menunjukan
adanya
hubungan
negatif
yang
signifikan
antara
dukungan
sosial
dengan
stres
akademik
yang
menunjukan
nilai
korelasi
sebesar
r
=
-0.170
dan
ρ
=
0.019
(p<0.05),
artinya
hipotesis
diterima.
Sedangkan
pada
variabel
efikasi
diri
pembelajaran
daring
dengan
stres
akademik
terdapat
hubungan
yang
negatif
dengan
nilai
r
=
-0.066
tetapi
tidak
terjadi
hubungan
yang
signifikan
antar
kedua
variabel
dengan
ρ
=
0.364
(p>0.05)
yang
menunjukan hipotesis
ditolak.
Collections
- Psychology [2173]