Show simple item record

dc.contributor.advisorHariz Enggar Wijaya, S. Psi., M. Psi.,
dc.contributor.authorNADA SALSABILA CANDRA MUHTAR
dc.date.accessioned2021-11-22T04:11:01Z
dc.date.available2021-11-22T04:11:01Z
dc.date.issued2021-05
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/34536
dc.description.abstractTujuan dari penelitian ini adalah mengetahui hubungan antara dukungan sosial, efikasi diri pembelajaran daring dan stres akademik pada mahasiswa yang melangsungkan kuliah daring pada masa COVID-19. Hipotesis yang diajukan adalah dukungan sosial dan efikasi diri pembelajaran daring secara bersama-sama dapat memprediksi stres akademik mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Partisipan pada penelitian ini adalah 200 mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia, laki-laki dan perempuan, usia 1824 tahun. Skala yang digunakan adalah Perception Academic Stress (PAS), Multidimensional Scale of Perceived Social Support (MSPSS), dan Online Learning Self Efficacy Scale (OLSES). Hasil data dianalisis dengan menggunakan analisis regresi. Hipotesis diterima dengan nilai F 4,564 dan signifikansi p = 0.012 (p<0.05). Hipotesis lain menunjukan adanya hubungan negatif yang signifikan antara dukungan sosial dengan stres akademik yang menunjukan nilai korelasi sebesar r = -0.170 dan ρ = 0.019 (p<0.05), artinya hipotesis diterima. Sedangkan pada variabel efikasi diri pembelajaran daring dengan stres akademik terdapat hubungan yang negatif dengan nilai r = -0.066 tetapi tidak terjadi hubungan yang signifikan antar kedua variabel dengan ρ = 0.364 (p>0.05) yang menunjukan hipotesis ditolak.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectstres akademiken_US
dc.subjectdukungan sosialen_US
dc.subjectefikasi diri pembelajaran daringen_US
dc.subjectmahasiswaen_US
dc.titleDukungan Sosial, Efikasi Diri Pembelajaran Daring Dan Stres Akademik Mahasiswa Pada Masa Pandemi Covid-19en_US
dc.Identifier.NIM17320069


Files in this item

FilesSizeFormatView

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record