Analisis Preferensi Konsumen Jasa Penginapan Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Memilih Kamar Menggunakan Metode Choice Based Conjoint (Studi Kasus : Reddoorz Jalan Kaliurang)
Abstract
Analisis preferensi konsumen dibutuhkan untuk mengetahui konsep hotel atau jasa
penginapan yang memiliki pengaruh besar bagi konsumen dalam mengambil keputusan
untuk memilih suatu kamar. Reddoorz memiliki tipe-tipe kamar yang beragam harga dan
memiliki beberapa fasilitas yang dapat dipilih konsumen melalui website atau aplikasi.
Atribut pada harga Reddoorz tersebut sebesar 100 ribu per malam, 150 ribu per malam,
dan 200 ribu per malam. Kemudian atribut pada parkir yaitu parkir bus, parkir mobil
keluarga, dan parkir motor. Atribut fasilitas memiliki level breakfast, wifi, dan water
heater. Atribut dan level tersebut diperlukan untuk analisis preferensi konsumen dalam
menentukan kombinasi level terbaik untuk mengetahui konsep kamar hotel yang akan
dipilih konsumen. Terdapat 80 responden yang digunakan unutk data metode Choice
Based Conjoint yang bertujuan untuk mendapatkan kombinasi atribut dan level terbaik.
80 data responden yang didapat merupakan data preferensi dalam memilih sebuah kamar.
Hasil analisis pada penelitian ini menunjukkan bahwa level terbaik dari atribut harga
adalah 100 ribu per malam, level terbaik dari atribut parkir adalah atribut parkir bus, dan
level terbaik dari atribut fasilitas adalah breakfast.
Collections
- Industrial Engineering [2224]