Hubungan Antara Dukungan Sosial Dan School Well-Being Pada Siswa Smp
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial dengan school
well-being pada siswa SMP. Semakin tinggi dukungan sosial yang dirasakan siswa, maka
semakin tinggi pula tingkat school well-being siswa tersebut. Responden penelitian ini
adalah 164 siswa SMP, dengan rentang usia 12-15 tahun. Skala dukungan sosial yang
digunakan dalam penelitian ini merupakan pengembangan skala dukungan sosial dari
Malecki dan Demaray (2002) yang menghasilkan reliabilitas data (α = 0,951). Skala school
well-being yang digunakan merupakan pengembangan Konu dan Rimpela (2002) yang
memiliki reliabilitas data (α = 0,888). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada
hubungan positif antara dukungan sosial dengan school well-being dengan nilai P 0.000
(<0.05) dengan koefisien korelasi yang tergolong sedang (r = 0,395). Penelitian kali ini
menjelaskan bahwa sumber dukungan sosial terbesar yang mempengaruhi school wellbeing
siswa
SMP
berasal
dari
dukungan
teman
sebaya
dengan
koefisien
korelasi
sebesar
0.383.
Collections
- Psychology [2173]