Show simple item record

dc.contributor.authorDirgantara, Chandra
dc.contributor.authorFirmanto, M.
dc.date.accessioned2017-08-15T03:16:48Z
dc.date.available2017-08-15T03:16:48Z
dc.date.issued1999
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/123456789/3441
dc.description.abstractSplit mastic asphalt merupakan salah satu jenis campuran perkerasan terdiri atas campuran agregat, aspal dan bahan tambah serat selulosa. Karakterisitik campuran tersebut sangat dipengaruhi oleh bahan penyusun, proporsi bahan penyusun, proses pencampuran dan pemadatannya. Untuk mengetahui pengaruh penggunaan pasir besi sebagai bahan pengisi kaitannya terhadap durabilitas campuran, yang dapat dilakukan yaitu dengan melakukan pengujian perendaman. Bahan yang digunakan pada penelitian ini berupa agregat yang berasal dari hasil stone crusher PT. Perwita Karya, aspal AC 60/70 yang juga berasal dari PT Perwita Karya, bahan additif Roadcell 50 yang diperoleh dari PT. Bumi Olah Mandiri di Jakarta serta pasir besi yang diperoleh dari PT aneka Tambang di Cilacap pada penelitian ini digunakan semen portland sebagai pembanding. Pada penelitian ini digunakan variasi kadar aspal 5,5%; 6,0%; 6,5%; 7,0% dan 7,5%. Kemudian variasi dari lama perendaman pada water bath dengan suhu 60°C adalah 0 hari (30 menit), 1 hari dan 4 hari. Kadar serat roadcel dan kadar filler yang digunakan masing-masing 0,3% dan 3%. Seluruh kegiatan penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Jalan Raya Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Sipil Dan Perencanaan Universitas Islam Indonesia Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan perbedaan yang jauh dari penggunaan kedua jenis bahan pengisi, nilai stabilitas campuran dengan filler pasir besi semakin lama perendaman terjadi kenaikkan begitu pula dengan nilai QM-nya. Sedangkan untuk nilai flow kenaikkannya tidak terlalu tinggi dibanding dengan campuran dengan filler semen portland. Dari hasil penelitian bahwa pasir besi dapat dipakai sebagai bahan pengisi campuran perkerasan split mastic asphalt + roadcell 50 dan memiliki durabilitas yang baik.en_US
dc.publisherUII Yogyakartaen_US
dc.subjectAnalisis Perubahanen_US
dc.subjectPerilaku Campuranen_US
dc.subjectSplit Mastic Asphalt + Roadcel 50en_US
dc.subjectPasir Besien_US
dc.subjectFilleren_US
dc.subjectDurabilitasen_US
dc.titleAnalisis Perubahan Perilaku Campuran Split Mastic Asphalt + Roadcel 50 dengan Pasir Besi sebagai Filler Kaitannya dengan Durabilitasen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record