Persepsi Konsumen Terhadap Produk Handphone Nokia E71, E63, Dan E90 Dengan Menggunakan Kanvas Strategi
Abstract
Keberhasilan Nokia menciptakan produk sukses didukung oleh berbagai
macam faktor pendukung keberhasilan. Maka untuk mengetahui faktor pendukung
keberhasilan dari kesuksesan produk tersebut, diperlukan analisis dari
perbandingan kinerja atribut produk dan persepsi konsumen. Tujuan dari
penelitian yang dilakukan oleh penulis terkait dengan analisis penentuan karakter
produk sukses adalah menentukan karakteristik produk sukses berdasarkan
perbandingan faktor kinerja usaha dan kinerja atribut produk, serta persepsi
konsumen untuk produk handphone dan mengevaluasi karakteristik produk sukses
pada produk handphone berdasarkan analisis faktor persaingan.
Objek yang diteliti adalah produk handphone. Handphone yang diteliti
dibatasi pada tipe GSM. Penelitian ini menggunakan alat berupa kuesioner yang
disebarkan dalam survei responden terhadap faktor preferensi dan tingkat
kepuasan pelanggan. Hasil skor respon kuesioner merupakan input data persepsi
pelanggan yang selanjutnya menjadi perbandingan dengan kondisi aktual baik
atribut produk maupun atribut pendukung keberadaan produk di pasaran.
Berdasarkan keseluruhan analisis persaingan yang telah dilakukan, maka
dapat disimpulkan bahwa Produk handphone yang muncul sebagai produk sukses
untuk tipe GSM adalah Nokia E63. Sebagai produk sukses, dapat disimpulkan
pula karakteristik kesuksesan produk tersebut yang membedakannya dari
pesaingnya, antara lain karakter desain yang simple dan menarik, dengan
didukung oleh pilihan kombinasi warna yang menarik, kualitas tampilan layar
yang halus dan tajam berdasarkan tingkat perbandingan jumlah warna dan resolusi
yang tinggi, harga produk dan harga perlengkapan yang relatif rendah dengan
kualitas yang sesuai dan terjamin yang bisa didapatkan, tingkat kemudahan
penggunaan yang cukup baik dalam hal fungsi tombol, fungsi menu, fungsi
fitur/teknologi tambahan, serta fungsi tujuan utama untuk komunikasi, dan tingkat
ergonomi produk yang tinggi, yang meliputi kenyamanan penggunaan, ukuran
yang kecil, bobot yang ringan, serta tombol yang nyaman digunakan.
Kata Kunci : produk sukses, karakteristik, handphone
Collections
- Industrial Engineering [2224]